Penasaran, Berapa Sih Tunjangan yang Akan Diterima Barrack Obama?

Penulis Unknown | Ditayangkan 22 Jan 2017

Masa jabatan Barrack Obama dalam memimpin Amerika Serikat sudah selesai. Saat menjabat, Obama terkenal dengan pemimpin yang baik di mata masyarakat dan disegani oleh berbagai Negara. Karena sudah usai menjabat, kini Obama akan menjadi warga sipil biasa.

Penasaran, Berapa Sih Tunjangan yang Akan Diterima Barrack Obama?

BACA JUGA: Foto Inu Buktikan Perbendaan Antara Inagurasi Trump dan Obama

Meski begitu, Obama masih mendapat berbagai tunjangan. Berdasarkan the United States Code yang berisi kompilasi hukum dan peraturan federal Amerika, presiden berhak mendapat penghargaan hasil kerja sebesar USD400 ribu (setara Rp5,3 miliar) per tahun yang akan dibayar setiap bulan. Selain itu, presiden juga mendapat keringanan berupa bebas pajak pengeluaran hingga USD50 ribu (setara Rp671 juta).

Berikut  tunjangan-tunjangan yang diperoleh mantan Presiden AS ini seperti yang dikutip dari Archives.gov, jumat (20/1).

Uang Pensiun

Kementerian Keuangan membayar uang pensiun bagi mantan presiden dan pasangannya dengan jumlah setara pejabat eselon I sebuah kementerian. Sejak 2015, uang pensiun seorang mantan presiden berjumlah USD203.700 (setara Rp2,73 miliar) setiap tahun dipotong pajak.

Tunjangan Transisi

Tim Transisi Washington membayar biaya peralihan kekuasaan selama tujuh bulan. Tunjangan tersebut meliputi biaya penyediaan kantor baru, kompensasi staf kepresidenan, layanan komunikasi, dan biaya percetakan serta surat-menyurat terkait transisi kepemimpinan.

Staf dan Kantor

Biaya untuk staf pribadi dan hal-hal terkait diatur oleh badan bernama General Services Administration. Mereka yang dipekerjakan di bawah aturan tersebut dipilih dan bertanggung jawab penuh kepada seorang mantan presiden.

Asuransi Kesehatan

Setiap mantan presiden berhak mendapat perawatan kesehatan di berbagai rumah sakit militer. Mereka akan membayar layanan kesehatan tersebut seusai tingkatan yang ditetapkan oleh Kantor Manajemen Anggaran. Sementara untuk presiden yang memegang dua periode kepemimpinan, seperti halnya Obama, dapat membeli asuransi kesehatan di bawah program layanan kesehatan pegawai federal.

Perlindungan Paspampres

Presiden Barack Obama mengesahkan amandemen undang-undang tersebut pada 10 Januari 2013 yang mengembalikan perlindungan seumur hidup. Demikian, George Bush kembali mendapat perlindungan seumur hidup.
SHARE ARTIKEL