Mitos, Tak Boleh Makan Sambil Minum, Ternyata Ada Alasannya Lho!

Komentar

Bagi kebanyakan orang yang percaya dengan mitos atau pamali dan sebagainya, terlebih lagi orang jawa yang menjunjung tinggi sikap dan norma yang ada. Mungkin pernah mendengar kala ibu atau orang yang lebih tua menyarankan untuk tidak makan sambil minum. Jika pernah, apakah memang iya pernyataan tersebut? Meskipun mitos ini cukup familiar di telinga kita, namun sangat berbanding terbalik dengan mitos umum yang biasanya malah menganjurkan untuk minum air putih agar badan tetap terhidrasi.

Baca juga : Sering Dianggap Sepele, Inilah Manfaat Air Hangat yang Punya Manfaat Besar Bagi Hidupmu!

Ternyata kondisi ini menarik perhatian bagi banyak ahli. Mereka sangat antusias dengan mitos yang cukup populer tersebut. Dilansir dari laman boldsky, berikut tiga alasan mengapa kita tidak boleh minum saat sedang makan.

1.  Sembelit


Ternyata sembelit dapat disebabkan oleh air yang masuk ke usus saat sedang melakukan proses pencernaan. Hal ini membuat zat sisa sulit untuk segera dibuang. Sebaliknya, kamu akan lebih sering buang air kecil. Oleh karena itu, ketika mengonsumsi air secara berlebihan, maka daya tampung usus menjadi cukup penuh dan akhirnya membuat seluruh cairan yang masuk harus segera dikeluarkan.

2. Memicu rasa tidak nyaman di perut


Beberapa studi menunjukkan bahwa minum saat makan dapat memicu rasa tidak nyaman di perut. Hal ini dikarenakan lambung memproduksi asam klorida untuk membantu memecahkan makanan dalam bentuk yang lebih halus. Sayangnya dorongan air ini menyebabkan proses pencernaan terhambat. Hal ini membuat perut merasa tidak nyaman. Seringkali pula gejala tersebut menimbulkan rasa mulas dan terasa cukup menyakitkan di sekitar perut. Alangkah baiknya untuk menjeda air yang masuk dengan makanan agar sistem pencernaan lebih teratur dalam bekerja.


Baca juga : Suka Makan di Meja Kantor Bikin Gemuk? Oh No! Simak Penjelasan Ahli Mengenai Ini

3. Kembung


Air yang masuk ke dalam perut dapat mengganggu proses penyerapan makanan yangmengakhibatkan kembung. Para ahli bahkan merekomendasaikan untuk minum air 30 menit setelah makan. Tips tersebut memungkinkan asam klorida untuk melakukan tugas mencerna makananan dengan baik. Hal ini kemudian meminimalisir kemunkinan terjadinya kembung di perut.

Mulai sekarang jangan sampai makan dan minum secara bersamaan, buat agar sistem perutmu bekerja dengan optimal agar kesehatan tetap terjaga. Keep healthy bro and ladies!
Top