Menakjubkan, Lombok Siap Bangun Sirkuit F1 Dengan Keindahan Kelas Dunia

Komentar



Pernah nonton balap F1 di Monako? Sirkuit yang juga menyuguhkan pemandangan indah seperti laut, bukit-bukit, bangunan heritage, ngebut di dalam kota. Nah, sirkuit seperti itu segera hadir di Indonesia.

Lokasi yang dipilih adalah Mandalika, Lombok, sebuah kawasan yang bakal segera disulap menjadi ’10 Bali Baru’. Jika sirkuit ini jadi, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) benar-benar menjadi destinasi wisata bagi para penyuka olahraga jet darat.

Kabar gembira untuk wisatawan pencinta Formula 1 di Indonesia, untuk menyaksikan balapan jet darat berkelas internasional, Anda tidak perlu lagi jauh-jauh berlibur ke luar negeri. Kawasan Mandalika di Lombok, NTB bakal disulap menjadi sirkuit berkelas internasional.

Kawasan ini dianggap bisa menarik wisatawan mancanegara untuk berwisata sekaligus menyaksikan ajang balapan bergengsi tersebut. Karena, kawasan Mandalika memiliki pemandangan pantai yang indah dan resor-resor yang bagus.

Kabar tersebut dibenarkan Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar, Hiramsyah S Thaib, dalam siaran pers. DIkutip dari Viva.co.id.

“Sirkuit jalan raya akan segera dibangun di Mandalika, Lombok. PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah memastikan dibangunnya Street-Race Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah,” ucap Hiramsyah.

Mandalika merupakan kawasan yang sudah ditetapkan ke dalam 10 destinasi prioritas Kemenpar.

Nah, sejumlah kendala yang bakal mengadang tak ditampik Abdulbar M. Mansoer, direktur utama Indonesia Tourism Development Corporation. Meski begitu, dia tak patah arang. Dia mengaku tidak ada yang mustahil dilakukan bila ada keinginan dan kerja keras.

“Rencana pembangunan sirkuit jalan raya kelas dunia di Mandalika sudah diawali dengan penandatanganan MoU antara ITDC dan Roadgrip Motorsports UK Ltd dan Mrk1 Consulting pada 20 Januari 2017 lalu,” kata Abdulbar M. Mansoer.

Bagi Abdulbar, penandatanganan MoU tadi seolah memberi isyarat ‘lampu hijau’. Maklum, Roadgrip Motorsports UK Ltd dan Mrk1 Consulting bukan perusahaan sembarangan. Mrk1 Consulting sudah pernah menggarap Olimpiade dan Commonwealth Games, turnamen FIFA, termasuk Piala Dunia, Formula One, Australia V8 Supercars, World Rally Championship, FIM Eropa Speedway Championship, dan World Superbikes, triathlon hingga acara sepeda dunia.

Sementara itu, Roadgrip Motorsports UK Ltd punya reputasi kuat dalam pembangunan jalan raya, landasan pacu dan lapangan udara, ritel, tempat parkir, arena olahraga, serta sirkuit balap di berbagai penjuru dunia.

“Sirkuit di KEK Mandalika ini akan dibangun dengan standar FIM and FIA untuk kelayakan penyelenggaraan kejuaraan dunia balap motor,” kata Abdulbar.

Abdulbar menuturkan, Mandalika memiliki potensi yang cukup baik untuk dijadikan destinasi internasional, terlebih lagi nama Mandalika sudah mendunia.

“Karena value dan opportunity-nya sangat besar. Jadi semuanya harus disesuaikan dengan standar dunia,” tutur Abdulbar.

Abdulbar memprediksi, setidaknya ada Rp3,9 triliun lebih yang bisa didulang dari tiap acara kelas dunia yang digelar di Mandalika. Itu belum termasuk potensi tourism yang disebut-sebut bisa mencapai sekitar Rp1,3 triliun.

“Media value-nya lain lagi. Kalau acara sekelas MotoGP bisa mencapai Rp2,6 triliun. Belum lagi income dari tiket. Itu sebabnya kami ngotot membangun sirkuit kelas dunia di Mandalika,” tutur Abdulbar.
Top