Mau Dekorasi Ruangan Kecil? Jangan Lakukan Hal ini!



Keterbatasan dan tingginya harga tanah menjadi salah satu faktor bagi pengembang sehingga menawarkan rumah atau unit apartemen yang berukuran kecil, khususnya bagi masyarakat yang ingin tinggal di tengah kota.

Dan pastinya merupakan pekerjaan yang sulit jika kita ingin mendekorasi ruangan yang berukuran kecil.

Ya, mendekorasi interior ruangan yang kecil memang punya tantangan tersendiri. Dan jika di awal tahun ini Anda berencana untuk mendekorasi ruangan rumah Anda yang berukuran kecil, seperti yang dirangkum dari rumah.com, jangan lakukan hal-hal berikut ini.

1. Jangan Penuhi Ruangan dengan Beragam Motif



Ingin memberikan aksen agar ruangan kecil lebih hidup? Pilih satu motif sebagai fokus di ruangan tersebut, misalnya menggunakan kain penutup sofa yang memiliki motif garis yang tebal.

BACA JUGA : Inilah 11 Kenangan Zaman SD yang Pasti Bikin Kamu Ketawa-tawa Sendiri!

Namun pastikan ruangan ini tetap terasa ringan dan terbuka dengan mengombinasikan warna yang netral di dinding atau menggunakan aksesoris sofa seperti sarung bantal.

2. Jangan Lupakan Bagian Belakang Pintu



Yang selalu diingat dalam mendekorasi ruangan kecil adalah memaksimalkan setiap sudut ruangan yang dimiliki, termasuk memanfaatkan bagian belakang pintu atau lemari sebagai tempat penyimpanan tambahan.

Anda juga bisa menambahkan gantungan tambahan di belakang pintu atau menggantungkan keranjang kecil dengan beragam ukuran.

3. Jangan Takut Mengecat Seluruh Ruangan



Mengecat ruangan dengan warna yang sama dari bagian bawah hingga langit-langit bisa membuat ruangan terlihat luas. Pilih warna yang ringan seperti warna putih atau biru langit, agar tidak tampak membosankan Anda bisa menggunakan bantal bermotif.

4. Jangan Lupa Manfaatkan Tangga



Apabila rumah Anda memiliki dua lantai atau lebih, manfaatkan bagian tangga sebagai tempat penyimpanan. Tambahkan rak di bagian dinding atau di bagian bawah tangga sebagai tempat untuk menyimpan sepatu boot, sepatu atau peralatan olahraga.

Pastikan rak yang dibuat memiliki tinggi yang sesuai untuk menyimpan barang-barang tersebut.

5. Jangan Penuhi Meja



Benda-benda yang biasa diletakkan di atas meja seperti lampu atau bingkai foto bisa membuat ruangan terlihat lebih sempit.

BACA JUGA : Tak Perlu Terlambat Sholat Subuh Lagi Dengan 5 Tips Berikut Ini! kamu Harus Coba!

Gunakan lampu gantung atau bohlam biasa agar meja di ruangan Anda selalu bersih. Di kamar tidur, gunakan lampu gantung yang bisa dipasang di atas tempat tidur.

6. Jangan Beli Sofa Besar



Di ruang keluarga atau ruang tamu, pilih sofa dengan warna yang netral dan ramping untuk memberikan tampilan yang bersih. Lebih baik memilih tipe sofa yang tidak memiliki gagang agar lebih leluasa ketika Anda bergerak di dalam ruangan.

Top