Ketahui Nama Paling Buruk di Dunia dan Akhirat! Jangan Sampai Memberi Nama Anak dengan Panggilan Ini!


Nama adalah sebuah doa, karena itulah banyak orang tua yang menamai anak mereka dengan bermacam-macam nama dengan arti yang unik agar kelak menjadi seseorang yang diharapkan oleh kedua orang tuanya. Banyak pula yang menggunakan nama panjang agar doa yang dicantumkan juga melimpah. Akan tetapi menurut William Shakespeare yang mengatakan bahwa apalah arti sebuah nama, merupakan prinsip untuk orang tua yang menamai anak mereka asal-asalan dan hanya karena keunikan saja?

Tahukah kamu bahwa Rasulullah memerintahkan memperbagus nama anak karena kelak di hari kiamat manusia akan dipanggil dengan namanya dan nama ayahnya. Oleh karena itulah juga mengapa nama yang mempunyai doa bagus akan menjadi sebuah pencerminan orang tua ingin seperti apa anaknya kelak.

Baca juga : Ketahui Bahwa Setan Selalu Mengikuti Manusia, Ikuti Cara Ini Agar Ia Tak Menginap di Rumah Kita!

Salah satu contoh dari sahabat Nabi, Thalhah bin Ubaidillah yang memberi nama anaknya dengan nama Nabi. Ia berharap anak-anaknya kelak bisa mencontoh akhlak para Nabi. Namun, sahabat yang lain seperti Zubair bin Awwam tidak mau seperti itu. Ia justru menamai anak-anaknya dengan nama sahabat yang telah syahid.

Thalhah bin Ubaidillah memberi nama anak-anaknya dengan nama-nama para Nabi,” kata Zubair, “Dia tahu bahwa tidak ada Nabi sesudah Nabi Muhammad dan aku memberi nama anak-anakku dengan nama-nama para syuhada agar kelak mereka bisa meninggal secara syahid di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Paling mengerikannya adalah, ada satu dari sekian banyak nama yang menurut Rasulullah SAW merupakan nama yang paling jelek di dunia maupun akhirat!  Rasulullah menjelaskan ada nama yang paling jelek di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ أَخْنَعَ اسْمٍ عِنْدَ اللَّهِ رَجُلٌ تَسَمَّى مَلِكَ الأَمْلاَكِ

Sesungguhnya nama yang paling jelek di sisi Allah Ta’ala ialah nama “Malikul Amlak” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca juga : Niat Gosipin Orang Lain? Boleh Saja Berghibah Asal Ikuti 6 Syarat Ini!

Inilah nama yang paling jelek di sisi Allah; malikul amlak yang secara harfiah berarti Maha Raja di Raja. Wajar nama ini merupakan nama yang paling jelak sebab ia bermakna penguasa tertinggi, penguasa di atas penguasa. Sebuah kesombongan di hadapan Allah Azza wa Jalla.

Maka dari itu, jangan sampai kelak ada nama anak kita yang menggunakan nama tersebut. Hadiahkan nama yang baik dengan harapan kelak anak tersebut mampu menjadi orang yang baik di hadapan Allah SWT serta seluruh umat manusia.
loading...
Top