Keren! Dibuat Tanpa Standart, Motor Baru dari Honda ini Dijamin Tak Akan Roboh


Honda memperkenalkan kendaraan roda dua konsep yang bisa seimbang dan berdiri tanpa standar (self-balancing).

Honda memperkenalkan kendaraan roda dua konsep yang bisa seimbang dan berdiri tanpa standar (self-balancing) di ajang pameran teknologi CES 2017, yang dihelat di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Dilaporkan cnet.com, sepeda motor ini dipamerkan bersama dengan Uni-Cub, juga kendaraan roda dua konsep yang telah diluncurkan beberapa tahun yang lalu.

Motor ini pada dasarnya adalah kendaraan yang dilengkapi dengan fitur bernama Riding Assist, trademark milik Honda yang berupa teknologi kontrol keseimbangan. Justru yang ingin mereka tonjolkan adalah fiturnya, bukan motor.

Dijelaskan, apakah pengendaranya tetap menyalakan atau mematikan mesin motor, ia akan tetap bisa berdiri sendiri, dan mampu mengoreksi posisi (self-correct) seandainya di dalam perjalanan terjadi gangguan pada keseimbangan motor.

Bukan hanya itu, menurut juru bicara Honda, Sage Marie, motor ini juga bisa dilengkapi dengan fitur self-driving. Ia mencontohkan, pengendaranya bisa turun di pinggir jalan, langsung masuk restoran, sementara motor bisa menemukan parkirnya sendiri.



"Riding Assist berusaha membuat turing dan berkendara komuter setiap hari menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan," ujar Marie.

Namun teknologi ini bukan tanpa cela. Masih ada kelemahan, di antaranya masih dibutuhkannya semacam alat bantu yang mencuat di samping kanan dan kiri motor, namun tidak menyentuh tanah. Honda menyebut bagian ini nantinya akan hilang.

loading...
Top