Kejamnya Niat, Bisa Membawa ke Surga Bisa juga ke Neraka


ilustrasi

Niat adalah akar dibalik semua ibadah dan amalan yang kita lakukan. Kenapa dengan niat? Karena sebelum melakukan perbuatan apapun baik ataupun buruk pasti sudah terbersit niat dalam hati ataupun pikiran. Cukup beberapa detik dan niat bisa membawa anda ke surga atau bisa membawa anda ke neraka.

Kejamnya arti niat!
Sebagai contoh, bagi Anda yang tidak mampu beramal dengan harta, Islam yang agung dan penuh rahmat ini masih memberikan niat yang dengannya Anda bisa menyamai orang kaya yang menginfakkan hartanya di jalan Allah. Luar biasa bukan?

Renungkanlah potongan sabda Nabi -shollallohu alaihi wasallam- berikut ini:

“Dunia ini, hanya untuk empat orang… (yang kedua:) seorang hamba yang ِAllah beri rezeki ilmu (agama), Dia tidak memberinya harta, namun orang tersebut baik niatnya, ia mengatakan: ‘seandainya aku memiliki harta, tentu aku akan beramal seperti amalnya si fulan’, maka dia (diberi pahala) dengan sebab niatnya, dan pahala keduanya sama“. (HR. Attirmidzi: 2325, dishahihkan oleh Sy. Albani).

Dari sini, kita bisa mengambil 3 pelajaran berharga:

1. Jangan terkecoh dengan harta. Dan jangan bersedih karena kurang harta.. karena sebenarnya tanpa harta pun Anda juga bisa mendapatkan pahala seperti pahalanya orang kaya yang menginfakkan hartanya di jalan Allah. Inilah bukti Maha Pemurah-nya Allah kepada para hamba-Nya.

2. Tidak perlu iri dengan orang kaya, karena belum tentu kita akan kuat menghadapi fitnah harta, bila ia benar-benar ada di tangan kita.. padahal di sisi lain, tanpa harta pun kita bisa mengimbangi pahala orang kaya itu dari hartanya… bahkan dengan niat ini, Allah memberikan Anda pahala dengan lebih mudah dan tanpa resiko.

Baca Juga: Meski Tak Zina, Pacaran Itu Dilarang!

Dan yang paling penting adalah, 
3. Niat adalah sumber pahala yang sangat agung, mudah, dan tanpa modal untuk mendapatkannya. Sudah seharusnya kita benar-benar memperhatikannya… sayangnya, kebanyakan orang malah melalaikannya.

Bagaimana dengan niat yang bisa menjerumuskan kita ke neraka? Bagaimana dengan shalat - shalat kita. Jangan sampai saat kita melangkahkan kaki untuk menjalankan ibadah jamaah shalat fardhu adalah karena riya'. Karena ingin dilihat orang lain. Naudzubillah! Begitu dahsyatnya niat. Dan ini juga berlaku untuk semua ibadah dan amalan kita, apakah sudah kita jalankan dengan niat mendapat ridho dari Allah SWT?

Semoga kita tergolong orang-orang yang mendapat hidayah. Semoga Allah memberikan taufiqNya kepada kita dalam menata hati dan niat kita, Aamiin.

loading...
Top