Jenis Serangga yang Bermanfaat untuk Halaman Anda

Komentar


Tak semua serangga merugikan Anda. Ada beberapa serangga yang justru membantu Anda dalam merawat tanaman di halaman rumah.

Selain membantu persemaian dan pembuahan bunga pada tumbuhan, serangga tersebut juga membantu Anda menghilangkan serangga lainnya yang menjadi hama. Jadi, biarkan saja jika serangga-serangga berikut berada di sekitar halaman Anda.

Kepik

Hewan yang punggungnya berwarna merah dengan bintik-bintik hitam ini hobi memangsa tungau, kutu daun, dan semut-semut kecil - yang juga sering memakan daun dan media tanam pada anggrek.

Kepik biasanya tertarik dengan tanaman aster dan bunga matahari karena ingin menghisap madunya. Anda bisa menanam tanaman tersebut jika ingin kepik mendatangi halaman rumah Anda.

Kupu-kupu

Bukan rahasia lagi jika kupu-kupu membantu penyerbukan tumbuhan. Selain itu, sayapnya yang indah juga mempercantik halaman Anda. Kupu-kupu cenderung tertarik dengan bunga soka dan dahlia.

Namun, Anda harus perhatikan perilaku kupu-kupu saat hinggap di salah satu tanaman. Bila dia hinggap di bunga berarti tengah menghisap madu.

Namun, jika dia hingga di daun dalam waktu lama, segera usir kupu-kupu tersebut karena kemungkinan tengah bertelur.

Belalang sembah

Jenis belalang ini memang jarang ditemui, namun biasanya dia hidup di area yang masih asri dan hijau. Berbeda dengan belalang biasa yang hobi menyantap daun dan rumput, belalang sembah justru mengonsumsi belalang-belalang kecil itu. Belalang yang berukuran besar bahkan bisa memangsa kecoa.

Tawon

Berbeda dengan lebah, tawon atau kumbang memiliki tubuh yang lebih besar dan berwarna hitam. Sekilas penampilannya menyeramkan dan Anda pasti mengira kumbang akan selalu menyengat, padahal dia tidak akan menyerang jika tak diganggu.

Kumbang akan membantu proses penyerbukan sehingga bunga akan segera menjadi bakal buah. Tawon menyukai jenis tanaman buah seperti jambu air atau rambutan.

Lebah bunga

Penampilan tubuhnya berwarna kuning dan hitam. Lebah bunga selain membantu proses persemainan dan pembuahan juga memangsa kutu daun, semut, ulat, dan siput kecil.

Lebah ini menyukai bunga  yang berwarna mencolok, seperti anggrek, mawar merah, anyelir, dan kamboja kuning.
Top