Jangan Malu Ketika Cengeng di Depan Umum, Pertanyaannya, Berbahayakah Jika Menahan Tangis?


Bagi para pemilik hati yang sedikit sensitif, menangis merupakan sebuah perasaan yang memang gemar dalam kondisi yang tidak tepat. Tak ada pilihan lain untuk mengeluarkannya. Karena tahukah bahwa orang yang mudah menangis adalah orang yang lembut hatinya, serta mampu menumpahkan segala ketulusannya lewat air mata.

Pada dasarnya, menangis seperti sebuah katup yang terbuka untuk merilis stres atau perasaan tertekan. Sehingga, ketika dengan sengaja menahannya, sistem saraf simpatetik akan menjadi tegang, kata Nicole Van Groningen, MD, dokter internis di NYU Langone Medical Center. Otak sejatinya mengirim sinyal ke kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol.

Baca juga : Goldar O Acungkan Jari! Inilah yang Wajib Kamu Tahu Tentang Golongan Darah Tersebut

Hormon-hormon ini meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, yang membuat dada sesak dan napas berat, ketika memaksakan diri untuk tidak menangis. Hormon ini juga dapat mengacaukan nafsu makan dan kadar gula darah.

"Menekan emosi seperti rasa frustrasi atau kesedihan, benar-benar bisa membuat Anda merasa lebih buruk," kata psikolog Nikki Martinez, Psy.D.

"Jadi, ketika Anda mungkin berpikir bahwa Anda sedang mengendalikan diri, sebenarnya Anda sedang memupuk stres."

Sesekali menahan tangis, itu masih tidak apa-apa. Namun, jika terjadi secara rutin, akan menjadi masalah. Dalam jangka pendek, hal itu dapat menyebabkan masalah seperti lekas marah, kecemasan dan gangguan tidur. Dalam jangka panjang, menyebabkan tekanan darah tinggi, masalah jantung dan diabetes.


Baca juga : Ketika Harus Ditanya "Sisa Kembalian Boleh Didonasikan?", Inilah yang Bisa Kamu Lakukan!

Nah, untuk itu jika memang sedang dalam keadaan yang tidak memungkinkah untuk menangis, maka carilah tempat yang nyaman dan menangislah disitu. Kemudian kembali dengan penuh rasa percaya diri. Apabila memang tidak mungkin lagi, salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan berjalan-jalan sejenak dan melepaskan stres, ingat kembali kenangan indah bersama seseorang dan cita-cita yang ingin dicapai. Jelasnya adalah membuat diri sendiri merasa lebih baik.
loading...
Top