Jangan Asal Bercermin, Baca Doa Ini Agar Percaya Dirimu Semakin Terjamin!


Sebagai manusia yang hidup di zaman urban yang serba cepat dan banyak sekali budaya yang masuk ke berbagai negara tertentu, seperti misalnya negara kita. Pastilah mengharuskan banyak orang untuk mempresentasikan diri dengan baik di depan semua orang. Salah satunya adalah dengan berbusana dan merawat diri dengan baik. Untuk itulah beberapa orang lebih memilih sering mematut diri di depan cermin untuk memastikan apakah dirinya sudah siap atau belum.

Baca juga : Jangan Hanya dari Lelaki, Lindungi Juga Auratmu dari Pandangan Iblis!

Nah, berbicara mengenai cermin dan etika ketika bercermin, Islam adalah agama yang sempurna. Ia bukan hanya mengajarkan tuntunan dalam setiap aktifitas namun juga memberikan doanya. Salah satu yang dianjurkan untuk membaca doa ketika beraktifitas adalah saat bercermin. Bukan hanya sebagai penanda busana kita tak akan ada yang salah. Namun, biasanya juga dapat menambah rasa percaya diri ketika ingin memulai sesuatu.

Dengan membiasakan doa sesuai tuntunan Rasulullah, kita menjadi dekat dan bergantung hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di samping itu, banyak faedah bahkan fadhilah yang kita dapatkan. Rasa percaya diri misalnya, bukan hanya perasaan senang dan bangga kepada diri sendiri, namun juga percaya diri karena telah diberikan nikmat oleh Allah SWT dalam hari ini, esok dan seterusnya, agar selalu diberikan jalan dan mampu menjadi orang yang lebih baik lagi dari hari ke hari.

Pensaran seperti apa doa ketika mematut diri di depan cermin? Berikut ini doa bercermin yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Doa Bercermin (1)


اللَّهُمَّ حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

Ya Allah, (sebagaimana) engkau membaguskan rupaku, baguskanlah pula akhlakku (HR. Baihaqi dan Ibnu Hibban; shahih menurut Al Albani)


Baca juga : Ternyata Iblis Gemar Menunggu Seseorang Keluar Masjid, Tangkal dengan Doa Ini!

Doa Bercermin (2)


اللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْت خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

Ya Allah, (sebagaimana) engkau membaguskan rupaku, baguskanlah pula akhlakku (HR. Ahmad dan Ibnu Sunni)

Alhamdulillah. Sudah mengerti bukan? Hafal dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari sebelum memulai aktifitas. Semoga Allah SWT selalu memberikan jalan yang lurus tanpa hambatan, serta menambahkan kerupawanan bukan hanya fisik namun juga hati kita semua.
loading...
Top