Inilah 5 Cara Mudah & Murah Dalam Menjaga Kesehatan Mata

Komentar


Mata adalah salah satu bagian dari indra tubuh kita yang paling penting. Oleh karena itu, kita harus benar-benar serius dalam melakukan perawatan terhadap mata kita baik dari dalam ataupun luar seperti sayur-sayuran yang kita konsumsi, cara perawatan softlens atau kacamata, dan lain-lainnya.

Sebenarnya, untuk melakukan perawatan terhadap mata kita, tidaklah diperlukan hal-hal yang sulit dan mahal. Ada cara mudah serta tidak perlu biaya mahal untuk melakukan perawatan pada mata kita. Berikut ini adalah cara mudah dan murah untuk melakukan perawatan terhadap mata kita.

1. Konsumsi Buah & Sayur Yang Mengandung Vitamin A

Salah satu hal mudah dan murah untuk menjaga mata kita adalah dengan mengkonsumsi secara rutin buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin A.

Beberapa buah yang dapat meningkatkan kesehatan mata kita adalah wortel, pepaya, dan tomat.

Namun, dari ketiga buah tersebut, banyak orang yang merekomendasikan untuk mengkonsumsi wortel.

Karena, selain banyak mengandung vitamin A, wortel juga memiliki kandungan beta karoten. Sedangkan beta karoten sendiri sangat dibutuhkan oleh mata kita.

Oleh karena itu, konsumsilah buah & sayur yang memiliki kandungan seperti wortel.

2. Waktu Pemakaian Softlens yang Wajar

Jika Anda adalah pengguna softlens, Anda harus memerhatikan tentang lama penggunaannya. Menggunakan softlens merupakan hal yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda, sekaligus untuk membantu penglihatan Anda agar lebih jelas.

Namun, penggunaan yang terlalu lama dan tidak beraturan, malah akan berdampak tidak baik untuk kesehatan mata Anda. Supaya mata tetap sehat, gunakanlah softlens secara wajar. Yakni, jangan lebih dari 19 jam . Selain itu, Andapun harus tahu bagaimana cara memasang softlens dengan aman.

3. Relaksasi Mata Menggunakan Mentimun

Mungkin hal ini tidaklah asing lagi bagi Anda. Anda pasti sering atau pernah melihat orang yang menutupi matanya dengan mentimun. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk merelaksasikan dan memanjakan mata.

Anda juga bisa melakukan hal ini dirumah. Caranya adalah dengan memasukkan irisan mentimun kedalam kulkas/lemari pendingin dalam beberapa menit.

Setelah itu, letakkan irisan mentimun tadi di atas mata Anda selama kurang lebih 10 menit. Cara ini bisa dilakukan sebelum tidur malam.

Selain untuk relaksasi, cara inipun berfungsi untuk mencegah pembengkakan pada mata Anda ketika bangun tidur.

4. Gunakan Kacamata Hitam

Jika Anda beraktifitas dalam lingkungan terbuka, dimana mata Anda mendapatkan cahaya matahari secara langsung, maka menggunakan kacamata hitam adalah pilihan yang tepat.

Terpaan sinar matahari secara langsung, selain akan menyilaukan mata, bisa juga berdampak tidak baik untuk kesehatan mata Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kacamata hitam. Dan jangan lupa, gunakanlah lensa kacamata yang berpolar.

5. Pergi ke Lingkungan Terbuka Hijau

Salah satu cara yang paling menyenangkan dalam melakukan perawatan terhadap mata adalah dengan pergi ke lingkungan terbuka hijau. Kenapa? Karena, pemandangan alam yang kaya akan warna hijau akan memberikan efek yang sangat menyejukkan untuk mata Anda.

Selelah apapun mata Anda, akan langsung segar seketika setelah melihat pemandangan alam yang kaya akan warna hijau.

Oleh karena itu, lakukanlah hal ini dengan rutin dalam satu bulan. Selain meningkatkan kesehatan mata Anda, fikiran Anda yang sedang penatpun akan teratasi dengan cara ini.

Itulah cara mudah & murah dalam melakukan perawatan pada mata.

Sangat mudah bukan? Semoga 5 cara di atas dapat membantu Anda dalam melakukan perawatan mata. Sehingga, Anda akan mendapatkan kesehatan mata yang maksimal.
Top