Hati-Hati! Anak akan Meniru 7 Kebiasaan Orangtua ini Tanpa Dicontohkan


ilustrasi mengajari anak

Tak salah jika ada pepatah ‘buah jatuh tidak jauh dari pohonnya’, karena memang biasanya banyak sifat orangtua yang menurun pada anaknya. Apakah kamu juga salah satu dari anak-anak yang mencontoh kebiasaan orangtua? Atau malah nggak kamu sadari kebiasaanmu mirip dengan orangtuamu?

Nah, karena itu orangtua harus mempunyai kebiasaan yang baik. Contohnya tujuh hal di bawah ini yang dikutip dari idntimes, tanpa disadari orangtua akan menurun pada anaknya.

1. Mereka yang hobi membaca mengaku banyak terpengaruh oleh orangtua

readingrainbow.com

Bill Gates, technopreneur terkenal asal Amerika, dikenal sebagai seorang penggila buku. Tak terhitung banyaknya buku yang ia baca setiap minggunya mengenai berbagai topik. Bill Gates mengaku bahwa hobi membacanya tersebut terpengaruh oleh orangtuanya, yang sejak kecil membiasakannya untuk rutin membaca dan membelikan berbagai macam buku.

2. Hal yang sama juga terjadi dengan anak yang hobi berolahraga

huffingtonpost.com

Saat kita kecil, olahraga bukanlah kegiatan yang dapat kita sukai dengan mudah. Namun karena melihat orangtua yang sering melakukannya, tanpa sadar kita pun terpengaruh untuk mendalami kegiatan yang sama. Aktris Nadine Chandrawinata mengaku kecintaannya terhadap olahraga berawal dari melihat sang ayah yang rajin berolahraga. Hal yang sama juga terjadi pada kecintaannya akan traveling. Wah, like father like daughter!

3. Apakah kamu dan orangtua memiliki kebiasaan makan yang sama?

initisarionline.com

Ternyata, kebiasaan makan yang kita punya juga bisa terpengaruh oleh orangtua, lho! Misalnya sama-sama tidak suka pedas, atau sama-sama menerapkan pola makan yang sehat. Hal ini disebabkan orangtua umumnya akan memilihkan atau memasak makanan sesuai selera mereka untuk sang anak. Hmm, wajar saja.

4. Sering terjadi, kita memiliki selera yang sama saat membeli barang

1ohww.org

Nah, yang satu ini rasanya paling sering dialami. Sadar gak sih, kalau terkadang selera barang yang kita beli itu sering mirip dengan orangtua kita? Misalnya saat membeli aksesoris, tas, ataupun sepatu. Hal ini cukup menguntungkan, pasalnya kita jadi bisa belanja bersama dengan orangtua, tanpa harus pusing menentukan tempat belanja yang cocok untuk kita dan mereka.

Bagi kamu yang ingin mengajak orangtua untuk belanja bareng, bisa datang ke Payless ShoeSource. Retailer sepatu terbesar dari Amerika ini cocok banget dijadikan tujuan, karena menyediakan koleksi sepatu untuk seluruh anggota keluarga. Banyaknya ukuran dan model yang tersedia akan memberikan kita banyak pilihan. Terlebih, saat ini Payless memiliki promo Further Reduction hingga 70%. Promo ini berlaku untuk semua koleksi yang ada di Payless, mulai dari sepatu, tas, hingga aksesoris. Benar-benar pas untuk keluarga ‘kan?

Baca Juga: 10 Bahaya Tidur dengan Posisi Tengkurap Bagi Kesehatan

5. Kecintaan akan musik juga bisa menurun kepada anak

learnguitardirectory.com

Sudah banyak contoh yang membuktikan bahwa kemampuan bermusik orangtua dapat menurun ke anaknya. Contohnya bisa kita lihat pada aktris dan penyanyi Eva Celia. Terlahir di keluarga pecinta musik di mana sang ayah berprofesi sebagai seorang musisi, hal tersebut menjadikan Eva juga tertarik pada musik dan memutuskan untuk menggeluti bidang yang sama. Menarik, ya.

6. Gak cuma itu, kebiasaan buruk dari orangtua juga bisa ‘diwariskan’ ke sang anak

nytimes.com
“Kamu itu pelupa ya, mirip ayahmu”
“Galaknya itu bikin ingat sama ibunya”
Omongan seperti di atas sudah sering kita dengar dari orang-orang di sekitar kita. Percaya atau tidak, banyak yang merasa bahwa kebiasaan buruk yang mereka miliki itu memiliki kemiripan dengan orangtua mereka. Kamu percaya tidak nih?

7. Kecenderungan dalam memilih pasangan mengikuti orangtua kita

simpledate.ca

Ngaku deh, siapa di sini yang sering berpikir untuk mencari pasangan yang mirip dengan ayah atau ibu kita? Meski gak disadari, ternyata banyak orang menerapkan hal ini ke dalam diri mereka, lho. Misalnya, seorang anak perempuan akan mengikuti cara ibunya untuk mencari pasangan, agar bisa menemukan yang menyerupai ayahnya. Begitupun dengan anak laki-laki. Bagaimana denganmu?

Nah, itulah 7 hal yang mungkin merupakan kebiasaan turunan dari orangtua kita. Apabila kamu memiliki kemiripan sifat atau kebiasaan dengan kedua orangtua, sikapi saja dengan santai. Hal itu menandakan bahwa banyak kesempatan bagi kalian untuk menjadi kompak, misalnya dengan berbelanja bersama mencari sepatu ataupun aksesoris yang diinginkan. Seru, bukan?
loading...
Top
loading...