Gempar Kedutaan Besar RI untuk AS Keluarkan Himbauan Ini, Apa yang Terjadi?


Bagi sebagian masyarakat Amerika Serikat, terpilihnya Donald Trump menjadi presiden ke-45 merupakan sebuah kebanggaan karena dia yang menggantikan Obama untuk memimpin rakyatnya. Namun di sisi lain, banyak pula yang tidak senang dengan naiknya Donald sebagai orang nomor satu di negeri adidaya tersebut karena statement dan rencana yang dilakukan, dirasa banyak merugikan suatu kelompok atau masyarakat tertentu.

Baca juga : Lagi, Pelajar ABG bikin Heboh! Berhijab Kok Gini?

Akan tetapi kini Amerika Serikat resmi dipimpin oleh Donald Trump. Sejak awal pencalonannya, Donald Trump membuat sejumlah kontroversi yang mencengangkan publik. Donald Trump dikenal dengan sifat arogannya, sejumlah kasus pelecehan kepada wanita, hingga berniat untuk 'membersihkan' Muslim di Amerika Serikat. Hal ini tentunya menuai pro kontra.

Terlebih negara adidaya Amerika Serikat merupakan negara dengan ragam penduduk dunia bermukim di sana. Satu di antaranya penduduk Indonesia yang dikenal sebagai negara Muslim terbesar ini juga banyak berdomisili di Amerika Serikat.

Dilansir dari laman embassyofindonesia, Pertanggal 28 Januari 2017, Kedutaan Republik Indonesia mengeluarkan himbauan yang perlu diperhatikan oleh seluruh WNI yang tinggal di Amerika Serikat.

Baca juga : Kesel Soal Mantan? Mending Jangan Beli Ice Cream Ini, Bikin Makin Emosi!

1. Dihimbau kepada seluruh WNI yang bermukim di Amerika Serikat untuk tenang dan terus mencermati lingkungan sekitar.

2. Dihimbau pula kepada seluruh WNI untuk tetap menghormati hukum setempat dan ikut menjaga ketertiban umum di lingkungannya masing-masing.

3. Untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi, diharapkan WNI memahami hak-haknya dalam berbagai situasi (lihat: know your rights di www.aclu.org).

4. Seluruh Perwakilan RI secara proaktif akan memberikan pelayanan dan menjangkau seluas mungkin WNI yang ada di Amerika Serikat.

5. Pemerintah Indonesia melalui Perwakilan RI di seluruh Amerika Serikat terus mengamati perkembangan yang terjadi dan akan mengantisipasi dampak yang mungkin timbul bagi WNI.

6. Dalam hal WNI membutuhkan informasi dan bantuan, silahkan hubungi hotline 24 Jam Perwakilan RI terdekat, sebagai berikut:

a. KBRI Washington DC: +1 202-569-7996
b. KJRI Chicago: +1 312-547-9114
c. KJRI Houston: +1 346-932-7284
d. KJRI Los Angeles: +1 213-590-8095
e. KJRI New York: +1 347-806-9279
f. KJRI San Francisco: +1 415-875-0793

Informasi dari KBRI tersebut tersebar di media massa dan sosial.

Kira-kira menurutmu apa yang terjadi?
loading...
Top
loading...