Dokter Terkejut Saat Benda 6 Kaki Ini Ditarik dari Mulut Pasiennya

Dokter benar-benar terkejut saat benda panjang ini ditarik lewat mulutnya. Gak tanggung-tanggung benda itu memiliki panjang 6,1 kaki atau sekitar 1,8 meter!



BACA JUGA: Beli Kemeja Putih Seharga 179 Ribu, Jokowi Minta Diskon?

Dikutip dari CNN, ternyata benda itu adalah cacing pita yang sudah lama “tinggal” didalam perutnya. Dr. Cyriac Phillips mengungkapkan, pasein tersebut sebelumnya sempat menjalani kolonoskopi. Pada tes tersebut diketahui bahwa pasien tersebut menunjukan konsentrasi hemoglobin yang rendah dalam darahnya

Awalnya, paien itu mengeluh akan sakit dan nyeri dibagian perutnya.."Itu adalah sebuah potongan bergelombang yang bergerak dan berasal dari tubuh cacing. Terdapat cacing pita pada pasien ini," katanya

Setelah pemeriksaan awal tersebut, Dr. Cyriac Phillips melakukan endoskopi, yaitu sebuah prosedur medis dengan menggunakan kamera yang dimasukkan ke dalam perut pasien untuk melihat bagian usus.

Selama prosedur, Phillips dan timnya mampu melihat gambar dari parasit panjang yang berada di usus kecil pasiennya tersebut. Tidak menunggu lama, dokterpun langsung bertindak kepada pasiennya itu.

Tim dokter dari Institute of Liver and Biliary Sciences Hospital di New Delhi, India, akhirnya mampu mengeluarkan cacing pita itu. Dengan cara menariknya melalui mulut pasiennya dengan menggunakan sepasang pinset.

"Kami menarik cacing pita itu dengan sangat hati-hati dan mantap, dan akhirnya pekerjaan itu berhasil kami lakukan sekitar 1 jam 15 menit. Sebelumnya, saya belum pernah melihat cacing pita seperti ini," ucap Dr. Cyriac Phillips.

Ketika cacing pita tersebut berhasil dikeluarkan dari tubuh pasiennya, didapati hasil yang mencengangkan. Karena saat diukur, cacng itu memiliki panjang 6,1 kaki dan diidentifikasi sebagai Taenia Solium atau cacing pita pada babi.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, sebuah pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di India, umumnya cacing pita dewasa berukuran panjang antara 2 hingga 7 meter (6,5 – 23 kaki).

Setelah berhasil mengeluarkan cacing pita dari tubuh pasiennya, dokter meresepkan obat berupa praziquantel, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati infeksi cacing parasit. Guys, hindari makanan tidak sehat dan kotor ya.. terutama babi yang sudah terbukti mengandung cacing pita didalamnya.
loading...
Top
loading...