Disepelekan, Faktanya Penyakit Asam Lambung Renggut Banyak Nyawa Remaja. Baca Faktanya!

Komentar

ilustrasi sakit asam lambung

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Kalimat itu sering diajarkan, namun pada kenyataanya bisakah kita menerapkan hal itu di tengah lingkungan pergaulan yang serba praktis dan dinamis ini. Apa-apa serba praktis, tak butuh banyak perjuangan untuk mendapatkan ini itu.

Contohnya tak perlu bersusah payah mencuci, ada loundry atau mesin cuci sendiri dirumah yang lebih bisa ringankan pekerjaan. Serta alat-alat lain yang makin memudahkan manusia. Begitu juga dengan makanan.

Karena kebiasaan masyarakat saat ini yang serba menginginkan semua praktis, maka muncullah makanan yang siap saja namun entah dengan kandungan gizi yang seberapa? Maka makanan yang siap saji serta dan kegiatan yang serba praktis inipun bisa memicu segala macam penyakit.

Baca Juga: Tak Perlu Test IQ, Jika Kamu Ber-IQ Tinggi Seharusnya Punya 10 Ciri ini

Di penghujung tahun 2016, Indonesia berduka dengan adanya kabar duka dari Putri Indonesia Maluku 2016, Jean Patty, yang dikabarkan meninggal dunia pada 29 Desember 2016 karena penyakit asam lambung yang dideritanya. Kepergian Jean begitu mendadak dan menjadikan pukulan berat bagi keluarga serta sahabat-sahabat yang ditinggalkannya, terlebih lagi, penyebab meninggal Jean adalah penyakit asam lambung yang selama ini dipandang sebagai penyakit biasa yang tak mungkin merenggut nyawa. Apa sebenarnya penyakit asam lambung ini?

Apa pula penyebab, gejala dan pengobatan untuk asam lambung? Simak semuanya di fakta-faktanya berikut ini!

Penyebab Asam Lambung


Internet

Asam lambung merupakan cairan yang ada di dalam lambung yang bersifat panas. Cairan ini hanya akan berada di dalam lambung saja jika fungsi dari lambung mampu berjalan normal, tetapi apabila ada gangguang kesehatan pada lambung maka bisa menyebabkan asam lambung naik dan bahkan keluar dari lambung. Jika otot lambung pada penderita mengalami gangguan dan tidak mampu berfungsi dengan baik atau mulai longgar, asam lambung bisa keluar dari lambung.

Umumnya, penyakit asam lambung disebabkan oleh asupan makanan yang dikonsumis kurang baik, pola makan yang sering tertarur atau sering terlambat makan, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, berlemak, serta minuman bersoda atau berkafein, hingga stress, yang ternyata juga memicu asam lambung naik.

Gejala Asam Lambung


Sumber gambar: ibuhamil.com

Gejala penyakit asam lambung biasanya diawali dengan perut yang terasa nyeri dan perih, sakitnya hampir terasa seperti maag namun lebih hebat, kemudian dilanjutkan dengan muntah-muntah, sering bersendawa karena perut kembung, hingga adanya rasa terbakar di area sekitar dada. Jika sudah menderita gejala-gejala ini, maka sebaiknya Loopers segera memeriksakan diri ke dokter.

Pengobatan untuk Asam Lambung


Sumber gambar: sehatalamiku.com

Selain memeriksa ke dokter untuk mendapatkan obat-obatan yang cocok untuk asam lambung, pengobatan lain untuk penyakit ini ternyata juga bisa mengonsumsi bahan-bahan alami seperti apel, teh hangat, kacang kacangan, kunyit, pisang, atau dengan daging lidah buaya yang direbus dan diminum dalam keadaan hangat. Anda bisa dapat banyak referensi dari internet mengenai penyembuhan asam lambung secara tradisional.

Cara Gaya Hidup Sehat untuk Terhindar dari Asam Lambung


internet

Kembali lagi, lebih baik mencegah daripada mengobati. Agar kita tidak mudah terserang penyakit asam lambung, maka terapkan gaya hidup yang sehat dan terhindah dari asam lambung seperti dengan menerapkan pola makan yang teratur, membiasakan diri untuk mengunyah sebanyak 32 kali sebelum menelan makanan, menghindari makanan yang memicu maag dan asam lambung seperti, makanan pedas, berlemak, minuman kafein, soda, atau alcohol, serta yang terakhir adalah menghindari stress.
Top