Cara Kembalikan Gusi Dan Bibir Gelap Agar Menjadi Merah Muda

Komentar

Ilustrasi jadikan warna bibir segar kembali

Apakah Anda salah satunya ? Gusi Anda berwarna gelap/hitam, begitu juga dengan bibir? Nah simak bagaimana caranya untuk mendapatkan kembali warna segar gusi dan bibir anda.

Dikutip dari klikdokter, gusi yang berwarna gelap / hitam sebenarnya adalah Hiperpigmentasi pada gusi, yaitu produksi melanin berlebihan terdapat pada lapisan permukaan epitel mukosa mulut. Untuk menghilangkan warna gusi yang gelap / hitam terdapat berbagai metode yang umum dilakukan, yaitu:


  • Metode Bedah
  • Metode Rotary Abrasive
  • Metode Sinar Laser Diode


Metode ini dapat dilakukan oleh dokter gigi spesialis Perio ( SpPerio) atau dokter gigi umum yang kompeten, menguasai tehnik dan alat tersebut.

Sedangkan untuk membuat bibir tampak merah dan sehat, anda dapat melakukan :

  • Scrubbing

Bibir pun perlu di-scrub untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk. Selain itu, dengan melakukan scrub secara rutin, peredaran darah ke bibir akan berlambah lancar. Hasil akhirnya adalah bibir yang tampak merah alami dan sehat.

Baca Juga: Tips Hubungan Suami Istri agar Hamil Anak Perempuan

Anda bisa membuat scrub bibir sendiri di rumah. Caranya cukup mudah: Campurkan gula pasir dengan madu, masing-masing sebanyak satu sendok. Gosokkan campuran ini pada bibir dengan gerakan memutar. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi. Pastikan Anda memilih sikat gigi yang berujung lembut. Selanjutnya gosok bibir menggunakan sikat gigi dengan gerakan memutar. Hal ini akan membuang sel kulit mati yang menumpuk dan memperlancar alirah darah.

  • Jaga pola makan dan minum

Minum banyak air putih untuk menjaga kelembaban bibir. Makanan atau jajanan yang asin seperti potato chips dapat membuat bibir kering karena cenderung menarik air, sehingga sebaiknya dihindari.
Hindari kopi yang dapat menyebabkan kekuningan  pada gigi dan bibir. Rokok juga menyebabkan bibir kekuningan dan keriput. Jika Anda masih merokok, ini adalah saat yang tepat untuk berhenti.

  • Pewarna bibir alami

Buah-buahan atau sayuran berwarna merah mengandung pewarna alami yang dapat Anda gunakan untuk mewarnai bibir. Caranya adalah dengan membuat jus atau memeras air dari buah-buahan tersebut. Kemudian oleskan pada bibir.

Pengolesan dapat dilakukan beberapa kali hingga didapatkan warna yang diinginkan. Tapi pastikan bibir Anda bersih sebelum memulai proses pewarnaan. Setelah melakukan pewarnaan, gunakan lip balm untuk menjaga warna tahan lama.

Top