Bunda, ini yang Harus Dilakukan Bila Buah Hati Tersedak / Tersangkut Tulang Ikan


Foto lifestyle.okezone.com

Hal yang menyakitkan dan juga mengerikan saat kita makan kemudian ada tulang ikan tersangkut di tenggorokan. Rasanya mau minum sedikit air saja sakitnya bukan main. Mungkin ketika tersangkut tulang ikan awalnya tidak terlalu dalam, palingan hanya akan hingga pada belakang lidah kita, apabila tepat waktu dibawa ke dokter, mungkin saja akan sangat gampang dikeluarkan.

Sebaliknya, dengan cara menelan suatu hal, akan membawa tulang tersebut makin turun ke dalam, serta melukai susunan tenggorokan kita. Di saat yang sama, akan mungkin mengantarkan tulang ikan itu masuk ke tenggorokan, serta akan membuat tulang semakin sulit di keluarkan. Selain itu, di bagian tenggorokan ada banyak pembuluh darah yang bisa terluka oleh tulang tersebut hingga banyak keluarkan darah. Bahkan jika sampai parah akan membuat tenggorokan kita infeksi, bernanah, serta akhirnya membahayakan jiwa kita.

Baca Juga: Ini Beberapa Makanan yang Mengandung Sianida

Nah, jika hal ini dialami anak, apa yang harus dilakukan oleh ibu? Berikut 3 hal yang perlu diperhatikan dan dengan penangananya masing-masing, dikutip dari planet.merdeka.com,

1. Mencari Dimana Letak Tulang Ikan

Buka mulut anak, gunakan senter untuk lihat letaknya. Bila terlihat, gunakan sumpit atau penjepit apabila anda yakin dapat mencapai tulang tersebut . Apabila sudah tidak tampak, mungkin saja bawa ke rumah sakit terdekat yaitu cara terbaik, biarlah dokter yang menanganinya.

2. Terjebak Tulang Kecil

Apabila anda yakin tulang ikan hanya tulang kecil, Gunakan jari yang bersih atau sumpit untuk menghimpit lidahnya, hingga membuat anak anda muntah, bila dapat hingga muntahkan semuanya, agar semuanya makanan yang masuk tadi keluar, serta tulang kecil tersebut akan turut keluar bersama dengan makanan – makanan dari dalam.

3. Terjebak Tulang Besar

Bila yang tersangkut tulang yang besar, janganlah menyuruh anak untuk menelan sesuatu, serta jangan menyuruhnya untuk muntah, harus dibawa ke klinik terdekat agar ditangani oleh dokter. Menyuruhnya untuk menelan atau muntah memungkinan tenggorokannya terluka serta menyebabkan infeksi!
loading...
Top
loading...