Bikin Anak Kecanduan Baca Al-Quran Dengan 5 Cara Simple Ini

Orang tua mana sih yang gak mau anaknya pinter dan rajin baca Al-Quran? Nah untuk mewujudkannya, ada baiknya jika seorang diajarkan dan diperkenalkan baca Al-Quran sejak dini.



BACA JUGA: Seperti Ini Tata Cara Shalat Tahajud yang Benar

Lantas, bagaimana sih cara yang benar agar sang buah hati bisa mencintai AL-Quran? Dikutip dari Inspiradata, begini cara melatik anak agar cinta Al-Quran.

1. Stop Menyuruh Anak


Sebagai orang tua, kita tidak hanya menyuruh anak kita, tapi juga mencontohkan dan memberi teladan terlebih dahulu. Rasa ingin tahu si kecil, pasti akan membuatnya tertarik untuk belajar membaca Al-Quran.

2. Meluangkan Waktu untuk Membuat Halaqah Al-Qur’an


Bualah agenda keluarga untuk membuat halaqah qur’an. Misalnya, setiap hari jumat atau tanggal 15 yang mewajibkan keluarganya untuk membuat halaqah, dimana mereka duduk dalam lingkaran, kemudian bergantian membaca Al-Qur’an.

3. Tadabbur Terjemahan Al-Quran


Agar anak-anaknya tertarik untuk mentadaburi Al-Qur’an, maka mulailah membiasakan tadabbur terjemahan Al-Quran. Anak-anak pun penasaran dan ingin mengikuti apa yang dilakukan ibu mereka. Saat mereka mendengarkan tadabbur terjemahan Al-Qur’an, anak-anak mulai mengerti makna dari ayat-ayat Al-Qur’an yang setiap hari mereka baca.

4. Mencoba Menghafal Al-Qur’an Bersama


Jika sebelumnya belajar untuk membaca, membiasakan dan mengartikan, nah sekaranglah saatnya untuk mengajari mereka menghafal Al-Quran bersama. Selain orang tua juga menghafalnya, anaknyapun pasti juga ikut tertular.

BACA JUGA: Subhanallah! Betapa Mulia Seorang Anak yang Hafal Al-Quran

5. Puji Anak Depan Suami


Untuk membuat minat anak semakin besar terhadao Al-Qur’an, maka pujilah dia setiap perkembangan anaknya dalam mempelajari Al-Qur’an kepada sang suami. Memuji anak-anak di depan ayahnya, juga dapat membuat mereka merasa diakui dan semangatnya semakin besar untuk mempelajari Al-Qur’an.

Bagaimana ibu? Tak sulit kan.. yuk buat anak tercinta anda mencintai Al-Quran sejak dini. Jangan lupa juga untuk mencontohkan perbuatan baik kepada sang buah hati.
Top