Berapa Kali Anda Mencuci Handuk Mandi?

Saat ditanya seberapa kamu mencuci handuk? Pasti ada yang menjawab seminggu sekali, sebulan sekali atau mungkin lupa. Hmm.. padahal, handuk lebih mudah terserang bakteri dan jamur.



BACA JUGA: Awas! Hampir Setengah Pria Terinfeksi HPV yang Sama Bahayanya Dengan HIV!

Dikutip dari liputan6, saran pemakaian handuk muncul dari agensi konsumen dan keseahatan lingkungan di Amerika Serikat. Mereka menjelaskan jika pencucian handuk yang tepat adalah 3-4 hari pemakaian. Karena terlalu lama handuk dipakai dalam kondisi lembab akan menjadi tepat tumbuhnya jamur dan bakteri.

Bila kamu biasa menjemur handuk di dalam kamar mandi dengan ventilasi udara terbatas usahakan agar pintunya dibuka. Aliran udara yang masuk mengurangi kelembapan di area basah ini.

Saat mencuci handuk baiknya terpisah alias tidak dicampur dengan item yang lain. Telebih jangan dicuci bersamaan dengan pakaian atau lap yang terkontaminasi bakteri. Pakar kebersihan Lisa Ackerly meyakini bila mencuci bersamaan akan membuat bakteri berpindah katanya seperti mengutip Medical Daily.

Untuk memastikan jika bakteri sudah benar-benar mati, anda bisa merendam dengan deterjen dan air panas seperti yang dikatakan ahli patologi New York Universit School of Medicine, Philip Tierro.

loading...
Top