Benarkah Campuran Jeruk Nipis dan Kecap Efektif Atasi Batuk?


Benarkah kecap dan jeruk nipis efektif untuk batuk?

Campuran jeruk nipis dan kecap adalah ramuan tradisional yang sering digunakan untuk mengatasi batuk. Namun, apakah ramuan ini benar-benar efektif?

Dikutip dari klikdokter, sebenarnya belum ada penelitian medis yang merujuk pada khasiat ramuan tradisional tersebut. Namun kandungan pada jeruk nipis diduga mampu meminimalkan gejala batuk.

Maura Shenker, seorang nutritionist dan kontributor Livestrong, menyatakan bahwa jeruk nipis mengandung vitamin C yang kaya akan antioksidan. Senyawa ini mampu menekan radikal bebas yaitu suatu unsur yang dapat membunuh sel-sel sehat dan menyebabkan seseorang terserang suatu penyakit.

Antioksidan pada vitamin C juga dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Ini termasuk infeksi saluran napas, yang terkadang ditandai dengan batuk. Selain mengatasi batuk, jeruk nipis juga dapat mengencerkan lendir dan mengikat dahak yang ada di saluran napas. Dengan demikian keduanya lebih mudah dikeluarkan.

Baca Juga: Cara Tokcer Hubungan Suami Istri Agar Cepat Hamil

Sedangkan kecap tidak memiliki khasiat khusus. Kecap hanya bermanfaat menetralkan rasa asam hebat yang ditimbulkan oleh jeruk nipis.

Jika Anda tidak terlalu menyukai kecap, Anda dapat menggantinya dengan madu. Kecap dijadikan sebagai campuran utama, karena tradisi yang diturunkan oleh nenek moyang.

Jadi, bila kehabisan obat batuk atau ingin mencoba sesuatu yang tradisional dan herbal, cobalah campuran jeruk nipis dan kecap. Jika dirasa keluhan tidak kunjung hilang dalam waktu beberapa hari, jangan ragu untuk membawa diri ke dokter.

loading...
Top