Benarkah Berdo`a Paling Baik di Awal Sholat?

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 30 Jan 2017

Benarkah Berdo`a Paling Baik di Awal Sholat?

Mengangkat tangan untuk berdoa setelah selesai shalat? Beberapa ulama menyarankan untuk tidak melakukannya, karena hal tersebut tidak dilakukan oleh Rasulullah. Justru Rasulullah menyarankan untuk berdoa setelah tasyahud, sebelum salam, saat masih berada dalam shalat.
 
Masalah ini  yang masih diperselisihkan oleh ulama

Rasulullah pernah berpesan untuk tidak meninggalkan berdoa di akhir shalat:
 
“Aku wasiatkan padamu wahai Mu’adz. Janganlah engkau tinggalkan untuk berdo’a setiap dubur shalat (akhir shalat) : Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatik. [Ya Allah, tolonglah aku untuk berdzikir pada-Mu, bersyukur pada-Mu, dan memperbagus ibadah pada-Mu].” (HR. Abu Daud no. 1522. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih)
 
Akan tetapi yang menjadi perselisihan, apakah yang disebut 'akhir shalat' dalam hadits tersebut adalah setelah salam, atau justru sebelum salam? Dijelaskan bahwa yang terbaik dilakukan setelah salam bukanlah berdoa, melainkan berdzikir.
 
Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), berdzikirlah pada Allah.” (QS. An Nisa’ [4] : 103)
Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan berdzikirlah pada Allah sebanyak-banyaknya.” (QS. Al Jumu’ah : 10)
 
Ayat tersebut diatas menjelaskan bahwa yang sebaiknya dilakukan setelah shalat adalah berdzikir sebanyak-banyaknya. Selain itu, ada pula pernyataan dari Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin rahimahullah (Liqo’at Al Bab Al Maftuh, kaset no. 82) yang menjelaskan bahwa sebaiknya berdoa dilakukan sebelum salam:
 
Oleh karena itu , berdo’alah kepadaNya sebelum salam. Hal ini karena dua alasan :
1. Inilah yang diperintahkan oleh Rasul Saw. Beliau Saw membicarakan tentang tasyahud, “Jika selesai (dari tasyahud), maka terserah dia untuk berdo’a dengan do’a yang dia suka.”
2. Jika engkau berada dalam shalat, maka berarti engkau sedang bermunajat kepada Rabbmu. Jika engkau telah selesai mengucapkan salam, berakhir pula munajatmu tersebut. Lalu manakah yang lebih afdhol? apakah meminta pada Allah ketika bermunajat kepadaNya ataukah setelah engkau berpaling (selesai) dari shalat? Jawabannya,  yang pertama yaitu ketika engkau sedang bermunajat kepada Rabbmu."

Dinyatakan jika ingin berdoa setelah selesai shalat, tidak perlu mengangkat kedua belah tangan, karena Rasulullah tidak mencontohkannya.

SHARE ARTIKEL