Banyak yang Malu, Normalkah Berkeringat pada Malam Hari? Simak Disini!


Tidur adalah salah satu kebutuhan penting bagi setiap orang setelah seharian penuh beraktifitas. Manusia memerlukan waktu tidur sampai sekitar 8 jam perhari untuk memenuhi kesehatan sistem metabolisme tubuh. Berbicara mengenai tidur, salah satu gangguan yang dihadapi selain tidur mengigau dan ngorok adalah berkeringat meskipun cuaca sedang dingin. Meski tidak nyaman dan mungkin sedikit memalukan, akan tetapi bangun di tengah malam atau pada pagi hari dengan tubuh penuh peluh adalah hal yang sangat umum dialami oleh beberapa orang.

Baca juga : Serba Pedas yang Bikin Panjang Umur, Ingin Tahu Apa Saja? Ketahui Disini!

"Dan ini bukan hanya dialami oleh wanita pramenopause," kata Jennifer Caudle, seorang dokter keluarga bersertifikat dan asisten profesor di Rowan University School of Osteopathic Medicine.

"Banyak pasien bertanya, apakah berkeringat banyak pada malam hari, normal atau tidak," kata Caudle lagi.

Menurut Caudle, jika memang seorang wanita muda dan sehat, sangat mungkin penyebab keringat di malam hari adalah faktor lingkungan. Dengan kata lain, mungkin suhu kamar terlalu hangat, atau selimut yang terlalu tebal. Namun, jika pengidap hal tersebut sudah mencoba membuka jendela, menyalakan pendingin udara, dan mengganti selimut dengan yang lebih tipis tetapi keringat tetap membanjir keluar, mungkin ada sesuatu yang lain yang terjadi.

Obat adalah salah satu pemicu utama munculnya keringat pada malam hari, kata Caudle. Misalnya, obat antidepresan, beberapa jenis pil KB atau terapi hormon, dan obat penurun Kolesterol. Jika paham dan sudah menduga, obat yang sebelumnya telah diminum membuat seseorang banjir keringat sehingga tidur menjadi sedikit terganggu, konsultasikan dengan dokter mengenai obat pengganti yang tidak menimbulkan efek samping yang mengganggu. Masalah kesehatan juga bisa jadi penyebab, seperti tiroid berlebihan atau justru kurang aktif, demikian menurut sebuah studi ini dalam jurnal BMJ Open.


Baca juga : Jangan Asal Jalan, Kamu yang Pakai Daster Wajib Waspada dengan Hal Ini!

Jika tengah terbangun dengan berkeringat setiap malam atau jika cukup merasakan masalah kesehatan, kehilangan berat badan tanpa alasan yang jelas, demam, atau lesu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Namun, jika masih merasa sehat dan sudah melakukan segala upaya untuk mendinginkan suhu kamar dan upaya itu tidak berhasil, Bisa dengan menambahkan gel pendingin pada bantal atau mengganti piyama tidur baru dengan bahan tipis dan menyerap keringat, mungkin dapat membantu mengurangi jumlah keringat yang keluar.

Bukan masalah besar jika tubuh penuh keringat saat terbangun di malam atau pagi hari, kesimpulannya adalah kondisikan tubuh secara rileks saat tidur dan hindari stres berlebihan. Jaga asupan makanan dan olahraga teratur agar tubuh mampu menstabilkan dirinya sendiri.
loading...
Top