Bahaya, Jangan Campurkan Dua Bahan Pembersih Ini!



Noda kotor di rumah kadang membuat frustasi. Hal ini sering kali membuat Anda berpikir untuk mencampurkan beragam obat pembersih demi mendapatkan khasiat bersih sempurna.

Padahal tidak bisa segampang itu mencampurkan beragam pembersih ruang. Menurut Nancy Bock, Senior VP of Education at the American Cleaning Institute, produk-produk pembersih tertentu terkadang dapat menimbulkan uap atau reaksi kimia yang berbahaya bila dicampur.

Nah, sebelum ini membahayakan Anda sebaiknya hidari mencampur bahan-bahan pembersih ini.

Pembersih Saluran dan Pembersih Saluran

Menurut Carolyn Forte, director of the Cleaning Lab at the Good Housekeeping Institute, sangat tidak dianjurkan untuk mencampurkan dua pembersih saluran.

Sebab, biasanya kandungan kimia dalam pembersih saluran sangat kuat. Mengombinasikan keduanya dapat menimbulkan ledakan.

Bahkan Carolyn juga tidak menganjurkan menggunakan produk berbeda setelah pemakaian produk lain. Jika saluran tetap tersumbat disarankan memanggil tukang pipa untuk memperbaiki.

Baking soda dan Cuka

Baking soda dan cuka dapat digunakan untuk membersihkan noda. Namun mencampurkan dua bahan ini sangat tidak dianjurkan.

Baking soda merupakan bahan dasar, sdangkan cuka merupakan senyawa asam. Ketika keduanya dicampurkan akan menghasilkan sebagian besar air dan natrium asetat, sehingga khasiat untuk membersihkan akan berkurang.

Selain itu, cuka dapat menyebabkan baking soda membuih. Jika diletakkan dalam wadah tertutup campuran dapat meledak.

Hidrogen Peroksida dan Cuka

Cairan hidrogen peroksida memiliki banyak kegunaan seperti membersihkan sayur, membersihkan talenan kayu, membersihkan noda dan sebagainya.

Selama tidak dicampurkan, zat kimia yang bersifat asam ini aman digunakan. Namun jangan pernah mencampurnya dengan cuka.

Para pakar mengatakan menggabungkan hydrogen peroksida dengan cuka dapat menghasilkan asam parasetat yang berpotensi beracun dan dapat mengiritasi kulit, mata, dan system pernafasan.

Pemutih dan Cuka

Kombinasi keduanya kelihatannya menghasilkan pembersih yang kuat, namun jangan coba-coba mencampurkan keduanya.

Jika Anda mencampurkan keduanya akan menghasilkan gas klorin tingkat rendah. Namun dapat menyebabkan gangguan batu, pernapasan, mata berair, dan rasa terbakar.

Pemutih dan Ammonia

Pemutih dan ammonia akan menghasilkan gas beracun yang disebut chloramine. Sama halnya dengan campuran pemutih dan cuka. campuran keduanya dapat menyebabkan gangguan batuk, pernapasan, mata berair, dan dada terasa terbakar.

Pemutih dan Alkohol

Anda mungkin mengenal klorofom, yang sering digunakan penjahat dalam film untuk membius musuhnya. Campuran pemutih dan alcohol akan menghasilkan cairan seperti klorofom yang juga dapat  menyebabkan iritasi dan beracun.

Jangan pernah mencampur pemutih dengan apapun, termasuk dengan cairan pembersih toilet dan lainnya karena biasanya cairan pembersih mengandung bahan-bahan seperti asam atau ammonia.
loading...
Top
loading...