AWAS!! Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Marak Terjadi

Bagi yang belum mendapat kerja dan berniat untuk mencari pekerjaan baru di tahun yang baru ini, sepertinya harus berhati-hati. Pasalnya, baru-baru ini marak terjadi penipuan berkedok lowongan kerja, seperti yang terjadi berikut ini.



Harapan Rahmad untuk menjadi Karyawan salah satu bank di Jakarta, kandas lantaran penipuan yang menimpanya. Uang yang ia transfer sebesar Rp. 8 Juta amblas digondol penipu tersebut.

Dikutip dari tribunnews, Warga Pekanbaru itu tahu bahwa dirinya ditipu setelah mendapat informasi dari bank yang ada di Pekanbaru bahwa pihaknya tidak pernah merekrut karyawan baru. Korban hanya bisa melaporkan kejadian itu ke kantor polisi

Dalam laporannya, pekerja swasta ini mengatakan awalnya mencari lowongan pekerjaan via internet. Korban pun mendapat tawaran dari salah satu bank pada tanggal 1 Januari 2017. Setelah melakukan komunikasi dan melengkapi berkas persyaratan, korban dinyatakan lulus. Selanjutnya akan dilakukan tes wawancara.

Korban pun dimintai berangkat ke Jakarta untuk tes wawancara tersebut. Namun, dia diminta untuk mentransfer sejumlah uang untuk biaya tiket pesawat dan penginapan dengan jaminan uang tersebut akan dikembalikan setelah sampai di Jakarta. Korban pun mentransfer uang sebanyak dua kali dengan jumlah Rp 8 juta.

Setelah uang dikirim, korban baru mengkonfirmasi kepada bank yang ada di Pekanbaru. Barulah korban kaget karena pihak bank yang dimaksud tidak pernah merekrut karyawan baru. "Kasusnya masih dalam penyelidikan," terang Kasatreskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bimo Arianto.

Menurutnya, polisi masih menyelidiki dan mencari tahu keberadaan pelaku. "Kami tidak pernah bosan mengimbau masyarakat agar selalu waspada dengan berbagai bentuk penipuan."

"Pelaku akan memanfaatkan berbagai celah untuk memikat korbannya, jalan satu-satunya harus lakukan konfirmasi ulang pada perusahaan atau lembaga tersebut," terang Bimo.

Hati-hati ya guys.. jangan sampai kejadian seperti ini menimpa  kita apalagi bagi kamu yang masih belum berpengalaman dalam hal mencari kerja.
loading...
Top