Awas! Hampir Setengah Pria Terinfeksi HPV yang Sama Bahayanya Dengan HIV!

HPV ata u Human Papillo Virus merupakan inveksi menular seksual yang menjangkit tubuh manusia. Bahkan menurut Studi JAMA Oncology, hampir separuh pria di AS mengalami penyakit ini.



BACA JUGA: Awas! Jangan Minum Disela-sela Makan, Ini Bahayanya!'

Dikutip dari liputan6, penelitian itu dilakukan dengan menganalisa usapan pen*s dari 1.868 pria, sekitar 45% mereka positif terjangkit HPV Genital. Dan 25 persennya memiliki satu jenis HPV yang juga berisiko tinggi.

HPV pada pria berisiko tinggi bisa menyebabkan kanker di area anus, pe*is, atau area saluran pernapasan. HPV berisiko tinggi juga bisa menyebabkan kanker serviks pada wanita.

Pada kebanyakan kasus, tubuh kamu akan mengusir infeksi virus HPV berisiko tinggi dari tubuh dalam jangka waktu 1 sampai 2 tahun--menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC).

Namun pada beberapa kasus, infeksi ini bisa bertahan dalam tubuh, yang akan membuat perubahan pada sel yang kemudian berkembang menjadi kanker.



Seperti dikutip dari Men's Health, vaksin seperti Gardasil dan Cervarix efektif untuk mengurangi risiko infeksi. Namun sayangnya, kebanyakan pria tidak melakukannya. Hanya 11 % dari para pria yang layak yang menerima vaksin ini. Dan hanya 6 persen dari populasi pria dewasa yang melengkapi tahapan vaksi HPV tersebut.

Saat ini CDC merekomendasikan, para pria muda menerima vaksin tersebut sampai berusia 21 tahun. Para pria yang aktif secara seksual harus menerima vaksin sampai berusia 26 tahun.

Ingat, lakukan hubungan seksual dengan aman. Penggunaan kondom pun tidak benar-benar melindungimu dari virus ini. Namun penggunaan kondom yang konsisten telah dihubungkan dengan mengecilnya risiko penularan virus HPV.
Top