Apa Balasan yang Diberikan pada Pelaku Zina?


 
Setiap amalan perbuatan akan mendapat ganjaran sesuai dengan baik buruknya amalan tersebut. Amalan baik akan diganjar dengan pahala di akhirat dan juga nikmat di dunia, sedangkan amalan buruk akan diganjar dengan dosa dan sengsara di dunia. Perbuatan zina misalnya, para pelaku perbuatan buruk yang satu ini akan diganjar dengan dosa dan juga berbagai macam sengsara di dunia. 

Apa balasan yang diberikan pada pelaku zina? 

Perbuatan zina merupakan salah satu perbuatan tercela yang sangat besar dosanya. Berbeda dengan beberapa perbuatan dosa lainnya, akibat dari perbuatan zina biasanya akan dirasakan oleh pelakunya baik di akhirat (berupa ganjaran dosa) maupun di dunia (berupa kesengsaraan hidup). Hal ini sama dengan apa yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW yang menyatakan jika Allah SWT akan membalas perbuatan dosa zina di dunia selama orang-orang yang melakukan zina masih hidup dan juga akan terus membalas perbuatan dosa zina di akhirat kelak.

Besarnya dosa perbuatan zina, Allah bahkan turut menyandingkan perbuatan zina dengan perbuatan dosa yang sangat besar, seperti syirik dan juga pembunuhan. Hal ini tercantum dalam Surah Al-Furqan ayat 68 dan 69 yang artinya “Dan orang – orang yang tidak menyembah Tuhan yang lain beserta Allah SWT dan juga tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah SWT (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosaNya, yakni akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu dalam keadaan terhina.” (QS. Al-Furqan: 68-69).

Secara garis besar, ganjaran perbuatan dosa zina dapat dibedakan menjadi tiga ganjaran yaitu ganjaran ketika masih di dunia, ganjaran ketika di akhirat, dan ganjaran di alam kubur / siksa kubur.

a. Balasan di Dunia
Para pelaku zina di dunia akan diberi tiga kesengsaraan hidup yaitu :  
1. Cahaya muka yang redup
2. Umur yang semakin pendek 
3. Menjadi manusia miskin yang abadi
 
Selain tiga kesengsaraan di atas, orang yang berbuat zina biasanya juga akan mendapatkan ganjaran dari manusia lainnya berupa cemoohan, pengucilan, kebencian dan juga berbagai macam ganjaran lainnya.

b. Balasan di Akhirat
Sedangkan ganjaran yang akan diterima oleh para pelaku zina di akhirat yaitu :
  • Murka Allah SWT
  • Siksa api neraka yang sangat pedih
  • Proses penghisapan yang sangat buruk
c. Siksa di Alam Kubur
Selain mendapatkan ganjaran baik di dunia maupun di akhirat, para penzina akan dihukum dengan siksaan berupa dipanggang dan dibakar di dalam tunggu api. Hal ini seperti apa yang diutarakan oleh Rasulullah SAW dalam salah satu haditsnya yang artinya : “Adapun Pria-pria dan wanita telanjang yang berada di bangunan seperti tungku api adalah para pria dan perempuan pezina.” (H.R. Al-Bukhari).
loading...
Top
loading...