Angin Ribut Datang Bukan Tentang Bencana, Kenali Makna Dibaliknya dengan Doa Ini!


Pernahkah mengetahui atau melihat secara langsung angin kencang dan besar yang menerpa sekitaran rumah? Bila terjadi hal seperti itu, biasanya banyak sekali orang yang berlindung dan menutup pintu rumah rapat-rapat untuk waspada. Banyak orang yang takut dan pergi menghindar jika ada angin yang kencang, karena mereka tak ingin tertimpa benda yang diterbangkan oleh angin tersebut.

Baca juga : Jarang Sholat, Pria Ini Meninggal Seperti Ini di Tanah Suci!

Datangnya angin ribut memang ditandai oleh semua orang sebagai sebuah bencana yang membahayakan. Apalagi jika hidup di kawasan padat penduduk, pastilah akan sangat kawatir adanya banjir, tanah longsor, hingga rumah yang tersapu angin. Nah, perlu untuk diketahui bahwa angin ribut bukanlah sebuah pertanda bencana saja, namun lebih dari itu.

Doa Rasulullah SAW tentang bagaimana jika ada angin ribut yang datang, untuk memohon perlindungan dan memanjatkan doa agar angin yang berbahaya tersebut berhenti, bisa dilakukan juga saat seseorang menjumpai hal tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada umatnya agar berdoa memohon kebaikan ketika ada angin yang berhembus kencang. Beliau bersabda:

لاَ تَسُبُّوا الرِّيحَ فَإِنَّهَا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ تَأْتِى بِالرَّحْمَةِ وَالْعَذَابِ وَلَكِنْ سَلُوا اللَّهَ مِنْ خَيْرِهَا وَتَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ شَرِّهَا

Janganlah kalian mencaci angin, sebab ia merupakan angin Allah. Dengan angin, Allah mendatangkan rahmat dan adzab. Maka mohonlah kepada Allah kebaikan angin dan berlindunglah kepada Allah dari keburukan angin tersebut” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

كَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا عَصَفَتِ الرِّيحُ قَالَ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ketika ada angin ribut beliau berdoa (yang artinya) “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikan angin ini dan kebaikan yang terdapat di dalamnya serta kebaikan dari tujuan dikirimkannya. Dan aku berlindung dari keburukan angin, keburukan yang terdapat di dalamnya serta keburukan dari tujuan dikirimnya angin tersebut.” (HR. Muslim)


Baca juga : Ketika Miras Disandingkan dengan Al-Quran, Inilah Contoh Dedikasi Sejati!

Jadi, doa ketika ada angin kencang atau angin ribut adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikan angin ini dan kebaikan yang terdapat di dalamnya serta kebaikan dari tujuan dikirimkannya. Dan aku berlindung dari keburukan angin, keburukan yang terdapat di dalamnya serta keburukan dari tujuan dikirimnya angin tersebut.”

Nah, oleh karena itu kita sebagai manusia jangan hanya bersuudzon terhadap sesuatu. Paling pentingnya adalah, di segala hal yang akan kita jumpai, mohonlah perlindungan dari Allah SWT agar selamat dunia dan akhirat, serta mohon ampunan agar menjadi orang yang lebih baik lagi dari hari ke hari.
Top