Amalkan Doa Ini, Syetan Bahkan Sampai Muntah-Muntah Mendengarnya!

Penulis Unknown | Ditayangkan 17 Jan 2017
Amalkan Doa Ini, Syetan Bahkan Sampai Muntah-Muntah Mendengarnya!

Jika biasanya memanjatkan doa agar terhindar dari godaan syetan, ketahui bahwa mereka akan selalu mengintai manusia duapuluh empat jam perhari untuk menyesatkan manusia. Jadi mungkin saja kita pernah luput dan membiarkan syetan datang mengganggu kita. Seperti pada kisa Rasulullah SAW yang sedang duduk menyaksikan seorang laki-laki dimana sedang makan. Namun tiba-tiba Nabi Muhammad SAW tertawa, dan tentu saja sahabat heran mengapa beliau tertawa. Rasulullah kemudian menjelaskan bahwa beliayu baru saja melihat syetan muntah-muntah akibat sebuah bacaan singkat.

Hanya dengan sebuah bacaan singkat. Ya, bacaan yang tidak lain adalah basmalah. Mampu membuat syetan tertekan dan menyerah.

Baca juga : "Apakah Aku Secantik Itu? Ah, Iya Seperti Kata Suamiku"

Ketika seseorang makan dan tidak membaca basmalah, syetan ikut makan bersamanya. Syetan turut menikmati makanan itu dengan lahapnya. Namun, ketika di tengah-tengah makan orang tersebut ingat bahwa dirinya belum membaca basmalah, lalu ia membacanya saat itu syetan pun memuntahkan seluruh makanan yang tadi ia makan.

Abu Daud meriwayatkan sabda Rasulullah tersebut dalam sebuah hadist.

عَنْ أُمَيَّةَ بْنِ مَخْشِىٍّ وَكَانَ مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم جَالِسًا وَرَجُلٌ يَأْكُلُ فَلَمْ يُسَمِّ حَتَّى لَمْ يَبْقَ مِنْ طَعَامِهِ إِلاَّ لُقْمَةٌ فَلَمَّا رَفَعَهَا إِلَى فِيهِ قَالَ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ فَضَحِكَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم ثُمَّ قَالَ مَا زَالَ الشَّيْطَانُ يَأْكُلُ مَعَهُ فَلَمَّا ذَكَرَ اسْمَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ اسْتَقَاءَ مَا فِى بَطْنِهِ

Dari Umayyah bin Makhsiy -yakni salah seorang sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam- ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam duduk, ada seorang laki-laki yang makan dan ia tidak membaca basmalah hingga makanannya hampir habis tinggal satu suapan. Lalu ketika ia memasukkan suapan itu ke mulutnya ia (ingat dan) membaca “Bismillahi awwalahu wa aakhirahu”. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lantas tertawa. Kemudian beliau bersabda: “Syetan masih terus makan bersamanya, tapi ketika ia membaca Basmalah, syetan langsung memuntahkan apa yang ada di perutnya.” (HR. Abu Daud)

Demikianlah dahsyatnya bacaan Basmalah. Kita dianjurkan untuk membaca basmalah dalam memulai segala perbuatan yang baik. Termasuk makan. Dengan membaca basmalah, sesungguhnya kita tengah mencanangkan niat beramal shalih. Dengan niat beramal shalih ikhlas karena Allah, perbuatan-perbuatan yang asalnya berhukum mubah menjadi berpahala bagi kita.

Baca juga : Tak Banyak yang Tahu, Ini Hubungan Jari Tangan dan Dzikir

Dari hadits ini, para ulama juga mengajarkan, jika kita lupa membaca basmalah ketika hendak makan dan baru ingat ketika di tengah-tengah makan, hendaklah kita segera membacanya dengan menambahkan awwalahu wa aakhirahu sehingga menjadi

بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Artinya: dengan nama Allah di awalnya dan di akhirnya.

Sehingga syetan dari golongan jin yang tadinya ikut makan bersama kita akan muntah-muntah. Meskipun kita tidak pernah bisa melihatnya. Semoga selalu terlindung dari godaan syetan yang menyesatkan dan mampu menghalau mereka dari kegiatan sehari-hari.
SHARE ARTIKEL