6 Fitur Ini Wajib Ad Dirumah Untuk Para Lansia

Semakin tua, kondisi fisik manusia semakin lemah. Meski demikian, hal tersebut tak menyurutkan semangat untuk mandiri. Yang perlu diperhatikan bagi kaum lansia adalah menyesuaikan perabotan rumah.



Seperti dilansir dari kabarna.id, terdapat delapan fitur di rumah yang wajib Anda ketahui untuk memudahkan kegiatan para lansia. Berikut ulasannya:

BACA JUGA: Jadi Begini!, Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci Layaknya Seperti Baru Lagi!

1. Lemari pakaian dengan pintu geser


Saat lansia, daya genggam tangan tidak sekuat saat muda. Agar memudahkan, tidak ada salahnya untuk menggunakan lemari pakaian dengan pintu geser.

Biasanya lemari ini terlihat seperti berada di dalam dinding. Selain dapat memudahkan lansia, jenis lemari ini cukup menghemat ruangan.

2. Rak pakaian yang dapat ditarik


Atur isi pakaian di dalam rak, agar tidak terlalu banyak. Karena, bila diisi terlalu penuh, ini akan menyulitkan lansia untuk mengambil pakaian. Kemudian, pilihlah rak pakaian yang dapat ditarik. Tentu saja, Anda harus mengatur ketinggian yang mudah dicapai.

3. Dudukan pada kamar mandi


Para lansia membutuhkan istirahat yang lebih banyak pada saat beraktivitas, seperti pada saat mandi atau memasak. Untuk itu, pastikan terdapat dudukan pada kamar mandi. Pasang pula hand rail atau pegangan tangan di kamar mandi.

Tidak hanya para lansia yang terasa nyaman, tetapi pengasuh lansia juga dapat mudah memandikan.

BACA JUGA: Kamar Mandi Kamu Gitu-gitu Aja? Berikut 5 Design Sederhana Ini Layak Kamu Coba

4. Ruangan yang terang


Duduk dan bersantai sembari membaca atau merajut adalah aktivitas yang menyenangkan saat lansia. Karena faktor usia, kemampuan pengelihatan pun juga akan semakin melemah.

Agar nyaman, buatlah pencahayaan pada ruangan sealami mungkin. Sekalipun menggunkan lampu bohlam, gunakan warna lampu putih agar tidak silau.

5. Kamar mandi yang lebih luas


Khusus untuk lansia yang menggunakan kursi roda, biasanya memerlukan ukuran kamar mandi yang luas. Jika rumah Anda memiliki ruang lebih, bisa juga untuk mendesain kamar mandi yang bisa leluasa untuk dilalui menggunakan kursi roda.

6. Berikan ruang kosong di bawah tempat mencuci piring


Dapur adalah salah satu spot rumah yang kerap dikunjungi kaum lansia. Kendati menggunakan kursi roda, para lansia masih berkeinginan melakukan semua aktivitas dengan sendiri. Menjangkau tempat cuci piring (sink washtafel) bagi lansia adalah hal yang tidak mudah.

Untuk itu, desainlah tempat cuci piring atau cuci tangan, tidak terlalu tinggi dan juga berikan ruang kosong di bawahnya. Hal ini bertujuan agar para lansia lebih mudah dalam mencuci piring dan meraih keran.

SIMAK JUGA: Kesetian Itu Mahal, Jadi Jangan Sampai Diberikan Kepada Orang Yang Murahan

loading...
Top
loading...