6 Aturan Sederhana Hindari Serangan Jantung di Usia Dini



Serangan jantung merupakan penyakit yang sangat sulit dideteksi, dan bisa menjangkiti siapa saja, termasuk mereka yang rajin berolahraga.

Seperti kita ketahui, banyak terjadi kasus kematian mendadak di lapangan hijau yang diakibatkan oleh serangan jantung.

Terkadang tanpa kita sadari, gaya hidup yang kita jalani saat ini membuat kita rentan terhadap sebuah penyakit, termasuk penyakit jantung.

Ditambah dengan minimnya kesadaran kita, untuk memeriksakan diri ke dokter untuk melihat kondisi tubuh kita sendiri.

Dalam sebuah penelitian di Amerika, tiga dari empat serangan jantung pada wanita berumur 30-40 tahun, diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Dan mereka memulai kebiasaan tersebut di usia yang sangat muda, yaitu sekitar usia 20-an. Lalu bagaimana cara mencegahnya?

Bagi Anda yang ingin menghindari serangan jantung, cukup mudah, dengan menghindari atau mengurangi dari enam hal berikut ini:

1. Hentikan merokok. Tidak sedikit wanita saat ini yang sudah memulai kebiasaan merokok dari bangku sekolah.

Merokok sendiri merupakan kebiasaan yang tidak sehat, para dokter setuju dengan hal tersebut. Dan merokok juga meningkatkan risiko seragan jantung.

2. Pertahankan berat badan. 'Big is Beautiful,' kalimat ini sering dilontarkan mereka yang mempunyai berat badan berlebih.

Namun keindahan ini sangat berisiko terhadap berbagai penyakit, terutama penyakit kardiovaskuler, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, hingga serangan jantung.

Jadi pertahankan berat badan Anda tetap idea adalah yang terbaik.

3. Aktivitas fisik 150 menit. Jika Anda putus cinta, atau sedang bad mood, banyak wanita yang cenderung berdiam diri.

Atau merka yang bekerja di kantor, cenderung kurang terhadap aktivitas fisiknya. Jadi mulailai hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik minimal 150 menit setiap minggunya.

4. Menonton televisi. Bagi Anda yang sangat senang menonton televisi setiap harinya, mulailah mengurangi, dan pastikan Anda tidak lebih dari enam jam menonton tv setiap minggunya, dan lakukan aktivitas lain yang lebih sehat.

BACA JUGA : 6 Trik Jitu Menjaga Sholat Lima Waktu, Kamu Wajib Coba!

5. Hindari minuman keras. Wanita sangat rentan terhadap perubahan hormonaldalam tubuhnya, apalagi diakibatkan oleh alkohol. Jadi lebih baik menghindari minuman yang beralkohol, jika Anda ingin hidup lebih lama lagi.

6. Pola makan. Dan yang terpenting dari itu semua adalah untuk menghindari mengonsumsi lemak dalam jumlah banyak, tertama dalam gorengan dan makanan cepat saji lainnya.

Mulailah mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur segar, agar tubuh Anda tetap sehat setiap hari.

loading...
Top
loading...