5 Tips Agar Kucing Tidak Tidur Sembarangan di Rumah



Salah satu tingkah yang paling menyebalkan dari hewan peliharaan, khususnya kucing, mereka sering kali tidur sembarang.

Sofa ruang tamu, sofa ruang televisi, bahkan tempat tidur kita sendiri kerap dipakai kucing peliharaan untuk tidur. Hal ini tentu menjengkelkan, membuat ruang kotor karena bulu-bulunya kerap rontok dan tertinggal di furnitur.

Anda mungkin pernah membeli tempat tidur untuk kucing Anda, namun berakhir sia-sia karena si meong tidak betah atau bahkan tidak menyentuh sama sekali tempat tidur barunya.

Agar hal itu tak terjadi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kucing Anda betah tidur di tempatnya sendiri.

1. Paksa di awal

Kucing Anda harus dibiasakan terlebih dahulu untuk mengenali tempat barunya. Butuh sedikit pemaksaan untuk melakukannya. Caranya, ketika kucing Anda mulai tidur di sembarang tempat, pindahkan dia ke tempat tidurnya.

BACA JUGA : Kalau 8 Kalimat Ini Pernah Diucapkan Dia, Tandanya Cowokmu Calon Suami Siaga Nantinya

Jika dia kembali ke tempat lain, pindahkan lagi ke tempat tidurnya. Lakukan terus menerus. Hal ini lama-kelamaan akan membuatnya terlatih dan mengerti di mana dia harus tidur.

2. Tempeli dengan Baunya

Usap-usapkan alas tempat tidurnya ke badan kucing Anda, agar bau tubuhnya menempel ke tempat tidur tersebut. Dengan begitu kucing tidak akan merasa asing jika berada di tempat tidurnya sendiri dan dapat merasa nyaman.

3. Taruh di pojok favoritnya

Letakkan tempat tidurnya di pojok atau sudut favoritnya. Kucing biasanya memiliki tempat favorit untuk tidur. Kucing biasanya menyukai sudut yang dingin dan dekat dengan dinding. Jika kucing Anda gemar tidur di kamar Anda, maka tak apa tempatkan tempat tidurnya di dalam Anda kamar dulu.

4. Tambahkan mainan favorit

Untuk permulaan, Anda harus membiasakan mengajaknya bermain di tempat tidurnya. Lakukan segala aktivitas bermain di tempat tidurnya. Hal ini untuk membiasakan dia mengenal tempat tidur barunya.

Lalu taruh beberapa mainan favoritnya di tempat tidur. Mainan yang biasa digigit dan dimainkan olehnya juga bisa menambah bau agar menempel di tempat tidur barunya.

5. Temani dulu

Kucing sering enggan tidur di tempat baru karena merasa tidak nyaman. Karena itu, untuk permulaan, temani dulu kucing Anda saat tidur di tempat tidur barunya.

BACA JUGA : 6 Trik Jitu Menjaga Sholat Lima Waktu, Kamu Wajib Coba!

Sambil dia tertidur, Anda bisa mengelus kepala atau tubuhnya agar dia betah tidur di tempatnya. Temani sampai kucing Anda tertidur pulas. Lakukan hal ini sampai dia terbiasa untuk tidur sendiri di tempatnya.

Selamat mencoba! Dijamin kucing Anda akan nurut tidur di tempatnya sendiri.

Satu hal yang harus Anda perhatikan saat memelihara kucing adalah halaman. Sekecil apapun rumah Anda, usahakan memiliki halaman terbuka. Sejumlah rumah baru mengaplikasikan perbandingan ruangan dan ruang terbuka yang layak. 
loading...
Top