5 Keahlian yang Harus Anda Tulis dalam Resume



Pernahkah Anda membayangkan duduk di posisi pewawancara kerja? Puluhan dan ratusan orang melamar dan mereka semua telah disederhanakan menjadi selembar resume.

Oleh karena itu, resume Anda pun harus menonjol daripada yang lain untuk dipilih ke tahap berikutnya.

Berikut ini adalah keahlian-keahlian lain yang wajib Anda tulis di dalam resume, di samping riwayat pendidikan, pengalaman, dan penghargaan:

1. Anda bicara bahasa asing

“Kelancaran Anda berbicara bahasa asing membuat Anda sangat menarik untuk pasar (tenaga kerja),” ucap Vicky Salemi, seorang  pakar karier.

BACA JUGA : Jadi Beginilah 5 Tips Memilih Tempat Sampah Sesuai Karakter Ruangan

Dia melanjutkan, walaupun belum tentu digunakan, tetapi bisa jadi perusahaan berencana untuk memperluas ke pasar atau negara baru.

2. Anda punya kemampuan memimpin

Jangan pernah menjelaskan kemampuan ini sebagai satu kata saja.

Sharlyn Lauby, pendiri HR Bartender, meminta Anda untuk menceritakan pengalaman mempengaruhi orang lain, memimpin sebuah proyek, dan menciptakan nilai baru atau keuntungan bagi instansi Anda sebelumnya.

3. Anda pernah belajar di luar negeri

Walaupun hanya sebulan atau dua bulan, pastikan Anda menuliskannya dalam resume. Salemi berkata bahwa hal ini menunjukkan kemampuan Anda untuk keluar dari zona nyaman dan beradaptasi.

BACA JUGA : Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu!, Sebelum Kamu Benar-benar Ingin Pindah Tempat Kerja!

Jika Anda hanya pernah jalan-jalan keluar negeri, jangan berkecil hati. Menurut Salemi, pengalaman ini bisa menggambarkan diri Anda sebagai orang yang berpengalaman dan berpengetahuan luas.

4. Edukasi yang tidak selesai

Tidak perlu malu bila Anda hanya selesai setengah jalan, setidaknya Anda telah mengambil beberapa pelajaran atau keahlian tertentu selama mengenyam pendidikan tersebut.

Dawn Rasmussen, presiden dari Pathfinder Writing and Career Service, menyarankan Anda untuk menghargai waktu, uang dan tenaga yang dikeluarkan dengan menulis “telah menyelesaikan beberapa pelajaran” di universitas tersebut.

5. Anda pernah berbicara di muka umum

Walaupun sekilas terlihat sepele, tetapi banyak orang mengalami kesulitan berbicara di muka umum.

Rasmussen meminta Anda untuk memaksimalkan keahlian ini dalam resume. “Perusahaan sangat suka mendengar hal ini ketika mempertimbangkan kandidat,” ucapnya.
Top