4 Cara Mudah Ciptakan Kamar Tidur Sehat dan Nyaman

Komentar


Saat kecil kita semua pasti pernah diberi tugas untuk merapikan kamar tidur sendiri. Bisa jadi itu memang bukan hal yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan, tetapi kebiasaan seperti itu ternyata sangat bermanfaat guna menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

Jadi,  demi menjaga kesehatan Anda dan keluarga, mulai sekarang singkirkan rasa malas. Dan simak cara mudah untuk membuat kamar tidur yang sehat dan nyaman sehingga ruangan tersebut bisa jadi ruang istirahat terbaik bagi Anda dan keluarga.

1. Mengurangi jumlah barang

Ketika mencoba membuat kamar tidur lebih bersih dan sehat, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyingkirkan barang-barang dan sampah yang tidak diperlukan. Asal tahu saja, kekacauan di kamar tidur bisa membuat Anda stres sehingga dapat berdampak buruk juga pada kualitas tidur.

BACA JUGA : 7 Tren Desain Rumah yang Tetap Eksis di 2017

Ketika merapikan kamar, Anda akan menemukan debu dan kotoran yang selama ini terperangkap di balik barang-barang yang jarang digunakan dan tidak lagi diperlukan.

Selain itu, jika memungkinkan, jaga kamar tidur bebas dari peralatan elektronik, misalnya komputer dan televisi. Meletakkan dua barang elektronik ini di dalam kamar tidur akan membuat Anda tergoda untuk menggunakannya sepanjang waktu sehingga mengurangi waktu untuk beristirahat.

2. Membuka jendela untuk pergantian udara

Biarkan udara di kamar tidur Anda keluar dengan membuka jendela di setiap pagi atau siang hari. Manfaatkan cuaca cerah dan udara dari luar rumah untuk menyegarkan ruangan. Jika tidak ada jendela di kamar tidur, bukalah pintu saat siang agar terjadi pergantian udara.

3. Meletakkan tanaman hias

Tidak hanya mempercantik kamar tidur, tanaman hias juga berguna untuk membantu memurnikan udara di kamar tidur. Pilih tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di dalam ruangan, contohnya tanaman kuping gajah, sansiviera, dan cocor bebek.

BACA JUGA : 6 Trik Jitu Menjaga Sholat Lima Waktu, Kamu Wajib Coba!

Tanaman kuping gajah dapat tetap tumbuh dengan baik, meskipun tidak terkena sinar matahari langsung. Sansiviera mengubah karbondioksida menjadi oksigen saat malam hari.

Sedangkan tanaman cocor bebek bisa menyimpan cadangan air, sehingga tetap tumbuh walaupun Anda tidak sempat menyiram selama beberapa hari.

4. Menyalakan lilin aromaterapi

Sesekali, nyalakan lilin aromaterapi untuk menyegarkan udara di dalam kamar tidur. Lilin beraroma lemon dan mint memberikan efek menyegarkan serta meningkatkan suasana hati, sedangkan lilin beraroma lavender pas untuk Anda yang ingin bersantai.
Top