3 Hal yang Tidak Boleh Ditunda Dalam Hidup Menurut Rasullah, Wajib Disegerakan!

Komentar

Setelah bangun pagi, apa yang biasanya kamu lakukan sebelum memulai aktifitas? Pastilah setiap orang akan menjawab dengan jawaban yang berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing pribadi. Namun, dari beberapa hal yang harus dilakukan, mungkin ada satu atau dua yang berharap bisa ditunda karena memang belum mendesak. Mengerjakan pekerjaan lain yang memang sedang dibutuhkan, sehingga beralasan bahwa kurun waktu masih panjang sehingga bisa menyepelekan hal lain.

Memang jika diperhatikan, ada beberapa hal yang harus menunggu dan harus dikendalikan. Akan tetapi, tahukah jika ada juga hal yang tak bisa ditunda dan harus disegerakan dalam pengerjaannya?

Baca juga : Ini Pendapat Rasulullah, Ketika Banyak Orang yang Mengalami Kegemukan!

Rasulullah SAW mewasiatkan ada tiga hal yang tidak boleh ditunda, harus segera dikerjakan, dan tak boleh disepelekan. Akan tetapi di zaman yang sekarang ini ternyata masih banyak yang mengingkari dan malah beranggapan hal tersebut bisa dikerjakan nanti.

Rasulullah shallallahu ‘alaihu wasallam bersabda:

ثَلاثَةٌ يَا عَلِيُّ لاَ تُؤَخِّرْهُنَّ : الصَّلاةُ إِذَا أَتَتْ ، وَالْجَنَازَةُ إِذَا حَضَرَتْ ، وَالأَيِّمُ إِذَا وَجَدَتْ كُفُؤًا

“Wahai Ali, ada tiga perkara yang tidak boleh engkau tunda, yakni shalat jika telah tiba waktunya, jenazah apabila telah hadir, dan wanita apabila telah ada calon suami yang sekufu” (HR. Tirmidzi dan Ahmad; hasan)

Meskipun dalam hadits ini Rasulullah bersabda kepada Ali bin Abu Thalib radhiyallahu ‘anhu, para ulama menjelaskan bahwa hadits ini berlaku umum untuk seluruh umatnya.

Nah, dari hadist tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hal yang tidak boleh ditunda, yakni.

Baca juga : Menurutmu, Lebih Baik Mana Islam Sejak Lahir dengan Mualaf?

1. Jangan tunda shalat jika telah tiba waktunya


Ketika adzan sudah berkumandang, kita sebagai umat Islam harulah segera datang dengan sudah mengambil air wudhu, serta kemudian menyusun shaf shalat. Namun, masih banyak orang yang menunda shalat karena alasan masih sibuk dengan pekerjaan, atau masih ada beberapa menit untuk menyusul shalat. Jangan sampai, pembeda antara kaum kafir dan muslim yang berupa shalat menjadi hilang karena sering ditinggalakn begitu saja.

2. Jangan tunda memakamkan jenazah


Dalam salah satu hadits disebutkan mengapa harus mempercepat pemakaman jenazah; jika ia orang yang taat berarti kita mempercepat ia bertemu nikmatNya, sedangkan jika ia pendosa berarti kita mempercepat berlepas dari fitnahnya. Di zaman sekarang, kadang jenazah ditunda-tunda. Ada yang beralasan agar seluruh kerabatnya datang dulu melihat wajahnya.

3. Jangan tunda menikahkan wanita yang telah datang jodohnya


Rasulullah menganjurkan para orangtua agar segera menikahkan putrinya jika telah ada pria sekufu yang melamarnya. Menurut banyak ulama, kufu itu dalam urusan agama. Senada dengan hadits lain yang menjelaskan bahwa jika ada pria shalih yang datang melamar hendaklah diterima atau akan ada fitnah dan kerusakan yang terjadi di muka bumi.
Top