Wajib Wasapada! Jangan Sampai Kamu Mengunggah Boarding Pass di Media Sosial


Peranan media sosial dalam kehidupan saat ini memang punya dampak yang cukup besar. Apalagi jika ingin mencari ketenaran dan kebanggan tersendiri, media sosial sangat wajib hukumnya. Salah satu yang sering dijumpai adalah ketika berplesiran di daerah tertentu atau sedang dimana saja pastinya akan segera mempostingnya untuk dibanggakan kepada teman dan keluarga. Yang paling menyeramkan adalah mengunggah foto boarding pass, dengan tujuan memperlihatkan ke teman-teman tentang perjalanan mereka mendatang.

Baca juga : Artis Ini Semprotkan Parfum di Pusar, Inilah yang Terjadi Jika Melakukannya!

Namun tahukan kamu hal itu bisa membahayakan perjalanan yang telah direncanakan. Dilansir dari Bright Side, seorang spesialis keamanan udara bernama Steve Hui memutuskan untuk membagi informasinya tentang bahaya mengunggah boarding pass ke sosial media.

1. Boarding pass mengandung informasi jauh dari yang kamu pikirkan.


Bukan hanya menampilkan tentang dan di mana kamu akan terbang, tapi boarding pass juga memberikan akses ke beberapa informasi yang sangat rahasia. Informasi tersebut dapat mengubah atau membatalkan pemesanan kamu.

Ada beberapa informasi penting pada boarding pass yang harus kamu tahu, seperti nama, nomor tiket dan barcode. Dengan demikian jika kamu mengunggah foto boarding pass kamu, betapa mudah bukan seseorang untuk mengakses informasi perjalanan kamu?

2. Seseorang dapat dengan mudah untuk mengakses perjalanan kamu.


Gambar tersebut diunggah oleh penumpang Virgin Australia yang terbang di Delta Airlines. Delta menerbitkan sejumlah informasi yang menakjubkan, termasuk jumlah e-ticket atau pemesanan referensi, nomor frequent flyer, dan bahkan berapa banyak tas saat check-in.

Steve menguji seberapa rentan sistem itu dan menuju ke situs Delta. Di bawah "Manage My Booking", untuk mengaksesnya dibutuhkan nama penumpang dan nomor e-ticket atau pemesanan referensi. Karena itu semua tercantum di boarding pass, sehingga Steve dapat dengan cepat login ke pemesanan dan melihat semua rincian penumpang.

3. Ada yang lebih buruk lagi, yaitu barcode.


Sesuatu yang berbahaya lagi datang dari barcode yang ada di boarding pass kamu. Jika kamu lihat pada boarding pass di atas, meskipun orang tersebut sudah menutupi informasi yang penting tapi dia tidak sadar barcode-nya masih terlihat.

Barcode pada dasarnya berisi semua informasi tentang boarding pass, disimpan dalam format yang mudah dibaca. Kamu mungkin berpikir bahwa komputer bandara adalah satu-satunya perangkat yang dapat membaca ini, tetapi kenyataannya adalah ada juga orang yang dapat membaca barcode.

Baca juga : Waspada Plesiran ke Pantai, Buaya Muara Raksasa Gegerkan Pengunjung Pantai Jatimalang Purworejo!

4. Risiko pencurian identitas.


Berhati-hatilah bahwa risiko pencurian identitas sangat tinggi. Jika kamu masih berniat untuk mengunggah boarding pass, pastikan untuk menutupi atau mengaburkan informasi penting apapun. Ingat ini jauh lebih dari sekedar boarding pass.

Jika kamu ingin memperlihatkan perjalanan kamu kepada teman-teman, masih ada cara lain kok selain foto dengan boarding pass. Misalnya saja tunjukkan foto kamu ketika minum champagne di lounge atau pada saat onboard. Jadi kamu harus lebih pintar dan berhati-hati ya!
Top