Wait! Siapa Sangka Belanja Bisa Tangkal Rasa Sedih? Kamu yang Bad Mood Wajib Tahu


Apa yang harus dilakukan saat mendapat bonus lebih dari penghasilan? Rata-rata semua orang akan bersyukur dan menjadikannya sebagai tabungan, atau membeli barang tertentu. Namun bagi para wanita, bonus berlebih layaknya suara terompet malaikat yang mengharuskannya melakukan satu hal. Belanja!

Baca juga : Putus Cinta dan Candu Heroin Itu Sama! Inilah Penjelasan Kenapa Efeknya Bisa Serupa

Seorang psikolog dan profesor dari Golden Gate University, Amerika Serikat, Kit Yarrow, PhD, mengatakan bahwa kalau tak pintar mengatur uang, hobi berbelanja berisiko menjadikan kondisi finansial terguncang. Namun, apabila dikelola dengan baik, maka hobi berbelanja mempunyai manfaat psikologis. Bisa jadi, kaum pria sulit untuk memahami mengapa wanita hobi sekali berbelanja.

Sekarang, saatnya para pria belajar memahami kegemaran berbelanja kaum wanita.


Sebuah penelitian teranyar dari University of Michigan menyibak fakta bahwa berbelanja dapat membantu wanita dalam mengurangi rasa sedih dan mengalihkannya menjadi rasa bahagia. Untuk memvalidasi temuannya ini, para peneliti melakukan tiga macam eksperimen, masing-masing memberikan hasil serupa, yaitu saat seseorang tengah berbelanja, mereka jadi lebih percaya diri dan merasa memiliki kendali atas suatu hal.

Kemudian, perasaan berkuasa yang mendominasi tersebut bisa membuat wanita lupa akan rasa sedih dan kekecewaan yang tengah mereka rasakan dalam hati. Kesimpulannya, penelitian ini membuktikan bahwa membeli sesuatu atau berbelanja, 40 kali lebih efektif untuk melupakan kesedihan, meningkatkan kepercayaan diri, dan tiga kali lebih bahagia dibandingkan sekadar jalan-jalan di mal.

Baca juga : Perlu Disimak, Makna Cinta Sejati Kala Istri Dimadu dalam Film Surga yang Tak Dirindukan

Namun, para peneliti menambahkan bahwa temuannya ini tidak memperbaiki suasana hati secara permanen. Jadi, hanya sekadar pengalihan rasa sedih dan kecewa. Hmm, mungkin bisa dicoba untuk kamu yang sedang dirundung kegalauan. Akan tetapi ingat untuk berhemat dan jangan sampai keblabasan ya!
loading...
Top