Wah, Para User Xiaomi Tak Bisa Lagi Aktifkan 4G di Redmi Note 3


Xiaomi Redmi Note 3

Xiaomi telah merilis pembaruan software baru untuk pengguna Redmi Note 3 di Indonesia. Update software kali ini adalah MIUI 8.1.1.0. Pembaruan ini salah satunya berfungsi malah untuk memblokir koneksi 4G, agar tidak bisa dinyalakan menggunakan trik tertentu.

Seperti diketahui, Xiaomi memang sengaja memblokir koneksi 4G pada Redmi Note 3 yang dijual secara resmi di Indonesia. Alasannya karena ponsel tersebut belum memenuhi aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk ponsel 4G.

Namun ada celah yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk membuka pemblokirannya. Melalui trik tertentu, yakni mengubah koneksi ponsel menjadi CDMA, lalu mengubahnya menjadi 4G (CDMA).

"Kami juga baru tahu mengenai trik ini, makanya begitu menemukan langsung dilaporkan ke headquarter. Lalu dirumuskan cara untuk mengatasinya," terang Social Community Manager Xiaomi Indonesia, Fandy Silalahi kepada KompasTekno, Rabu (14/12/2016).

Bila menerapkan metode ini, pengguna Redmi Note 3 versi resmi akan bisa mengakses jaringan 4G di Indonesia. Namun cara ini hanya bisa membuka akses internet, tetapi fungsi telepon dan SMS tidak bisa dipakai.

Baca Juga: Karena Foto Selfie Gadis ini Menjemput Mautnya

“Cara ini memang tidak umum. Soalnya ponsel GSM diubah dulu menjadi CDMA dan ternyata bisa mengakses 4G, meski tidak sempurna. Tapi terima kasih karena kami jadi tahu keberadaan cara seperti ini. Xiaomi juga langsung membuat penangkalnya. Kami ini kan memang inginnya comply sesuai aturan pemerintah,” imbuh CEO Erajaya Group Hasan Aula dalam kesempatan yang sama.

Begitu mengetahui adanya celah ini, Xiaomi langsung membuat pembaruan MiUI 8.1 dan saat ini telah diedarkan.

"Sekarang sudah siap pembaruan yang bakal mencegah cara itu. Tadinya kan ada jeda saat orang menyalakan jaringan atau mengganti kartu SIM, nah ini bisa dimanfaatkan untuk mengganti jaringan ke CDMA lalu beralih ke 4G (CDMA),” ujar Fandy.

“Kalau sekarang jeda itu sudah tidak ada, jadinya tidak bisa mengaktifkan 4G melalui CDMA itu. Rencananya software baru ini, MIUI 8.1 kemungkinan akan mulai diedarkan Jumat (16/12/2016),” imbuh Fandy kala itu.

loading...
Top