Tips Rahasia Liburan Bareng Anak-anak Bebas Ribet



Liburan seharusnya jad momen yang menyenangkan dan membuat rileks. Namun ada kalanya terjadi sebaliknya, terutama bila berlibur membawa anak-anak. Banyak hal terjadi di luar rencana, sehingga kerap banyak orang merasa malas berlibur saat anak masih balita. Banyak yang curhat, seringkali liburan malah menjadi lebih 'ribet' dan stres dengan segudang persiapan dan hal-hal yang tidak terduga. Berikut tips agar Anda dapat mengatasi liburan bersama anak dikutip dari keluarga.com.


Persiapkan semua kebutuhan anak


Barang-barang kebutuhan anak yang sangat beragam seperti diapers, susu botol, pakaian dan kaos kaki perlu dipersiapkan dan dibawa sebelum berangkat. Jangan sampai barang-barang tersebut tidak tersedia di tempat tujuan liburan Anda. Untuk memudahkan dalam penataan Anda bisa memisahkan barang-barang untuk anak dan orang dewasa.

Pilih tempat wisata 'ramah anak'



Ada banyak tempat liburan yang menarik untuk anak dan keluarga. Pilih agar anak dapat menikmati liburan tersebut dan orang tua pun merasa aman dan tenang. Misalnya, memilih hotel dengan playground atau jika memilih liburan di negara 4 musim pastikan lokasi yang dikunjungi sedang dalam kondisi cuaca yang bersahabat. Tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Contoh lainnya, lokasi yang mengharuskan Anda mendaki anak tangga yang ratusan jumlahnya mungkin bukan tempat yang cocok untuk berlibur membawa anak-anak.

Membuat daftar kegiatan



Membuat daftar kegiatan dapat membantu mengurangi kerewelan anak sepanjang liburan. Buat kegiatan yang menyesuaikan jadwal kondisi anak, misalnya menyesuaikan waktu makan di jadwal makan anak dan berhenti beraktivitas di jam istirahat mereka. Dengan menyesuaikan rutinitas, liburan akan terhindar dari kerewelan anak-anak.

Persiapkan dari jauh hari



Mempersiapkan liburan jauh-jauh hari berguna untuk memastikan perjalanan Anda aman dan nyaman. Pesan hotel jauh-jauh hari untuk memastikan penginapan pilihan Anda tidak penuh dan memperoleh tarif yang lebih murah.

Siapkan waktu ekstra



Sulit memaksa anak untuk terburu-buru mengikuti waktu Anda. Mereka butuh waktu untuk bersiap, mengganti diapers, minum susu, mandi dan lain sebagainya. Karenanya hindari liburan dengan paket tour yang memaksa Anda bergerak cepat. Jika terpaksa, pastikan Anda punya spare waktu untuk mempersiapkan segala kebutuhan si kecil, misalnya dengan bangun lebih awal dan membawa kebutuhan mereka di mana saja dan kapan saja.

Relaks



Namanya jalan dengan anak, pasti saja ada satu dua hal yang akan berjalan tidak sesuai dengan yang direncanakan. Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah relaks dan nikmati liburan Anda tanpa merasa tertekan harus ini itu. Tidak semua yang Anda inginkan dapat terjadi selama liburan, tapi yang terpenting Anda menikmati liburan Anda.
Top