Tatacara Pergaulan dalam Islam, Simak Bagaimana Cara Mengenal Satu Sama Lain yang Baik


Islam sebagaimana agama yang telah mengatur kehidupan seseorang di tengah masyarakat, pastinya dengan landasan yang baik dan demi kebaikan dunia dan akhirat. Salah satu yang biasanya diatur adalah tentang bagaimana adab terhadap Tuhan dan ibadah, penghormatan kepada orang tua dan keluarga, hingga tatacara dalam bergaul yang baik dan benar.

Baca juga : Wanita Cantik Menurut Pandangan Islam, Karena Arti Cantik Lebih dari Sekedar Itu

Seperti yang diketahui, banyak sekali kasus diluar sana yang merugikan diri sendiri akibat adanya pergaulan bebas. Hubungan yang tak sehat inilah yang membuat manusia seharusnya berpegan teguh pada ajaran agamanya untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tatacara pergaulan dalam Islam, simak bagaimana cara mengenal satu sama lain yang baik.

1. Menjaga Pandangan


Bukti kejantanan seorang lelaki adalah kemampuannya mengendalikan diri dari godaan lawan jenisnya.

Dalam al-Qur’an disebutkan, “Katakan kepada laki-laki yang beriman : Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”(QS.An Nur : 30).

2. Menutup Aurat Secara Sempurna


Dalam al-Qur’an disebutkan, “Hai nabi, katakan kepada istri-istrimu dan anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang-orang mukmin hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka, yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenal, hingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lahi Maha Penyanyang.”(QS.Al Ahzab:59).

3. Menghindari Suara Mendayu


“Hai istri-istri nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita lain, jika kamu bertakwa, maka janganlah kamu rendahkan (mendayu) dalam berbicara, sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik.”(QS.Al Ahzab:32).

Baca juga : Cara Menjalani Hidup A la Islam, Kata Motivasi untuk Penyemangat Pagi Hari!

4. Dilarang Berkhalwat


“Dari Ibnu Abbas RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : Janganlah sekali-kali salah seorang diantara kalian bersuyi-sunyi dengan perempuan lainnya kecuali disertai mahramnya.” (HR. Bukhari Muslim dikutip Imam Nawawi dalam Terjamah Riyadhus Shalihin).

5. Mampu: Menikah, Belum Mampu: Puasa


“Wahai sekalin pemuda, barang siapa diantara kamu yang mampu nikah, maka menikahlah, sesungguhnya nikah itu bagimu dapat menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan, maka jika kamu belum sanggup berpuasalah, sesunggunya puasa itu sebagai perisai”(HR.Muttafaqun Alaihi).

Oleh karena itu, sebaiknya dalam berteman, berpegang teguhlah pada keyakinan agama Islam. Sehingga akan senantiasa terlindung dari hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri.
Top