Tais Segera Didaftarkan ke UNESCO, Inilah Bukti Kekayaan Distrik Timor Leste


Tais adalah seni kerajian tenun yang berasal dari Timor Leste. Menteri Pariwisata, Seni, dan Budaya Timor Leste, Fransisco Kalbuadi Lay mengatakan ada lima motif tais yang rencananya akan mereka daftarkan ke UNESCO. Kelimanya berasal dari berbagai distrik yang ada di negara tersebut.

Baca juga : Selain "Where is Bali?", Inilah Pertanyaan Travel yang Paling Dicari di Google!

"Kita di sini ada lima tempat yang sudah ditentukan. Kita sudah mengajukan ke UNESCO agar bisa dijadikan satu kekayaan dunia," kata Kalbuadi saat ditemui usai menghadiri acara peluncuran tais "printing" produksi Raya Tex di Dili Convention Center, Dili, Timor Leste, Sabtu (10/12/2016).

Menurut Kalbuadi, langkah yang dilakukan KD dan Raul, yang menjadi pemilik brand Raya Tex, yang memproduksi tais printing adalah salah satu upaya untuk memperkenalkan tais ke mancanegara.


Baca juga : The Ninth Passenger, Klarifikasi Cinta Laura Perihal Film Thriller Terbarunya di Hollywood!

Ia menilai memang sudah saatnya kain tais yang menjadi salah satu kekayaan budaya Timor Leste yang dilestarikan dengan cara industrialisasi. Karena dengan cara itulah tais akan semakin masyarakat yang menggunakan tais. Raul lemos mengatakan bahwa ia ingin tais bisa dikenal layaknya batik Indonesia. For your information guys, batik Indonesia sendiri sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan kekayaan dunia oleh UNESCO pada 2009 silam.
loading...
Top