Tahukah Anda Sejarah dibalik Mangkuk Bergambar Ayam Jago?


Jika Anda makan mi ayam atau bakso, pasti mangkuk yang digunakan bergambar ayam jago merah. Mangkuk itu memang populer di nusantara, namun ternyata asalnya bukan dari Indonesia.

Ya mangkuk yang semakin dikenal berkat salah satu merek penyedap rasa di Indonesia itu ternyata berasal dari China. Awalnya mangkuk keramik banyak digunakan di restoran besar di China.

Mangkuk itu bisa sampai ke Indonesia karena budaya ekspansi perdagangan yang dilakukan China. Dikutip dari Otonomi, mangkuk berdiameter atas 16,5 cm, bawah 9 cm, dan tinggi 6 cm itu telah lama digunakan bangsa China kuno, tepatnya di masa Dinasti Ming.

BACA JUGA : Sudah Sering Gunakan, Tahukah Anda Sejarah dan Cikal Bakal Mesin ATM?

Meski demikian beberapa penelitian mengatakan, mangkuk itu berasal dari Negeri Gajah putih alias Thailand. Dijelaskan bahwa gambar unggas di mangkuk itu adalah ayam hutan Gallus gallus yang telah lama diternak dan dibudidaya sejak 8.000 SM.

Pada 5300-4300 SM, telah ditemukan artefak atau fosil ayam Gallus gallus di China. Selanjutnya menyebar ke India tepatnya di lembah Indus pada 2.500-3.000 SM. Lalu yang terbaru ditemukan di Yunani pada tahun 409. Lalu mengapa harus gambar ayam jago? Diketahui filosofinya karena ayam jago melambangkan sumber rezeki dan kemakmuran.
Top