Seperti Apa Rumah yang Ada di Planet Mars? Beginilah Penampakannya

Komentar

Dengan temperatur jauh lebih dingin dari Antartika, Mars merupakan tempat sangat terlarang untuk lokasi properti.

Ironisnya, es justru akan menjadi kunci utama keselamatan manusia dan kolonisasi planet merah tersebut.

Sekelompok peneliti dari NASA Langley Engineering Design Studio di Hampton, Virginia, Amerika Serikat telah mempublikasikan rancangan dari Mars Ice Home.

Mars Ice Home merupakan jenis hunian yang secara teoritis memanfaatkan es bawah tanah Mars yang baru-baru ini ditemukan para peneliti.


Seperti rumah Iglo di kutub, Mars Ice Home sangat bergantung dengan fasadnya. Pasalnya, temperatur di dalam Mars Ice Home akan dijaga kehangatannya hingga 22 derajat selsius.

Para perancang Mars Ice Home sendiri termasuk anggota dari The Clouds Architecture Office (Clouds AO)/Arsitektur Eksplorasi Ruang Angkasa (SEArch) selaku tim pemenang NASA's 3D Printed Habitat Challenge tahun lalu.

Tidak seperti model rumah Mars saat ini yang memanfaatkan tanah Mars, Mars Ice Home akan mampu menahan tekanan sangat baik hingga 6,66 kilogram per inci persegi.

Struktur ini juga akan mempertahankan koloni Mars di masa depan terhadap pemboman harian sinar kosmik galaksi (GCRS) yang merupakan sebuah bentuk fatal dari radiasi ruang.

Mars Ice Home akan berisi tempat tidur, tempat rekreasi, dan persiapan makanan serta ruang kerja dan ruangan kaca. Setiap rumah dibuat untuk mampu menampung empat orang.

Rencana pembuatan Mars Ice Home memperoleh daya tarik setelah penemuan es terkubur di lapisan bawah permukaan Mars sedalam 0,9 sampai 10 meter oleh limuwan dari University of Texas bulan lalu.


Ada pun lapisan es tersebut seluas New Mexico dan kapasitas airnya dianggap setara dengan Danau Superior.
Top