Secercah Harapan Bagi Wanita Penderita Miomi, Karena Wanita Dengan Miomi Masih Bisa Melahirkan Dengn Normal

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 09 Dec 2016

Kondisi benjolan di otot rahim, sebagian besar kasusnya, dapat mengecil dengan sendirinya. Namun, tidak jarang juga yang menganggap proses melahirkan menjadi salah satu pemicunya.

Secercah Harapan Bagi Wanita Penderita Miomi, Karena Wanita Dengan Miomi Masih Bisa Melahirkan Dengn Normal

Perlu dipahami, saat hamil, hormon di seluruh tubuh menjadi meningkat. Hal ini juga memicu pertumbuhan mioma.

"Sehingga para wanita hamil dengan mioma, harus diawasi betul-betul, karena miomnya bisa membesar dan hal ini sebabkan nyeri akut," ujar spesialis kandungan, dr. Kathleen Juanita, SpOG, di Siloam Kebon Jeruk Jakarta.

BACA JUGA : Hai Wanita, Waspadai Hal Yang Pantang Dilakukan Saat Membersihkan Organ Intim

Ia juga mengatakan bahwa saat melahirkan, ukuran benjolan mioma bisa mengecil karena hormonnya sudah menurun. Bahkan, tidak jarang mioma bisa hilang usai masa-masa usia produktif habis.

"Miom bisa mengecil dan menghilang, terutama saat menopause karena sudah tidak ada hormonnya yang aktif," katanya menambahkan.

Terkait dengan proses kelahiran pada buah hati, banyak yang menganggap bahwa wanita yang memiliki mioma uteri tidak diperbolehkan melahirkan secara normal. Hal tersebut ternyata bergantung pada posisi dari letak mioma berada.

"Wanita hamil dengan mioma bisa saja melahirkan normal. Tapi tentu dengan letak miomnya yang tidak menutupi jalan lahir bayi, karena kalau menutupi, kasihan bayinya susah lewat," kata dia.

SHARE ARTIKEL