Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Berikut Ini Saat Anda Sedang Flu



Meskipun ada banyak makanan yang dapat membantu cepat pulih dari flu, tetapi beberapa harus dihindari. Karena, beberapa makanan dapat membuat kondisi semakin buruk saat berjuang melawan demam, flu dan batuk.

Sejumlah makanan dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh ketika Anda flu, demam dan batuk. Berikut adalah makanan yang harus dihindari ketika flu, demam dan batuk seperti dilansir dari laman okezone.com :

Jus atau minuman lainnya



Ketika Anda flu dengan hidung berair, seharusnya tidak minum jus dan minuman lainnya. Jika Anda mendambakan jus jeruk, nanas, atau jus lainnya, sebaiknya tunda terlebih dahulu. Karena, minum jus akan menahan tubuh Anda untuk pulih dari flu dan demam.

BACA JUGA : Ternyata Gerakan Salat Takbiratul Ihram Sehatkan Tubuh, Ini Dia Penjelelasannya

Karena jus sarat dengan gula, sehingga mengurangi kemampuan sel darah putih untuk melawan penyakit. Meskipun jus mengandung tinggi vitamin C, khasiatnya akan luntur karena kandungan gula.

Makanan cepat saji dan olahan 



Jika Anda berpikir mengonsumsi makanan olahan dan junk food dapat membantu cepat pulih dari flu dan batuk, maka itu salah besar. Makanan cepat saji dan olahan tidak mengandung nilai gizi, tetapi justru menurunkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit atau virus. Selain itu, makanan olahan dan cepat saji mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, aspartam, MSG, pewarna buatan, dimetil dan banyak lagi yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang digoreng 



Tinggalkan makanan yang digoreng, karena dapat membuat demam, flu dan batuk tambah parah. Selain itu, ketika sakit, Anda juga harus menjauhi makanan berlemak berlebihan, karena menurunkan kekebalan tubuh.

Karena, kandungan tinggi lemak dalam makanan cepat saji dan makanan digoreng dapat menyebabkan peradangan. Peradangan seperti akan mengambil alih tubuh, karena kepadatan kalori dari makanan digoreng dapat menyebabkan banyak kerusakan pada tubuh.

Alkohol 



Alkohol adalah minuman terburuk yang harus dihindari ketika Anda sedang berjuang pulih dari demam, flu dan batuk. Minum alkohol saat demam adalah ide terburuk, karena dapat memengaruhi tubuh dengan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi juga akan menurunkan daya kekebalan tubuh.

Sementara, ketika demam, flu dan batuk, Anda perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sehingga minum alkohol adalah ide yang buruk.

Makanan asam dan pedas



Ketika berjuang pulih dari demam, perut Anda berisiko mengalami masalah, sehingga harus berhati-hati dengan makanan yang akan dikonsumsi. Makanan pedas dapat membuat lendir di hidung mungkin keluar, tetapi efeknya buruk bagi perut.
Selaput lendir menjadi sensitif dan lapisan dinding perut bisa bereaksi negatif terhadap makanan asam dan pedas. Karena itu, hindari konsumsi makanan pedas dan asam ketika sedang demam, flu dan batuk.
Top