Pergaulan Zaman Yang Semakin Gila, Inilah Pentinnya Orang Tua Muslim Untuk Mengajarkan Anak Tentang Tata Krama


NABI Muhammad SAW, bersabda, “Sesungguhnya, ada nilai moralitas dari setiap agama. Khususnya, bagi Islam yang menjunjung tinggi moralitas,” (HR : Ibnu Majah)

Sederhana dalam berpakaian dan jadi orang yang pemalu saat ini dianggap kuno. Namun, kedua hal tersebut merupakan kebajikan bagi umat Islam. Ini yang membedakan iman seseorang.

BACA JUGA : Subhanallah, Sungguh Nikmatnya Dapat Mencium Aroma Surga Sebelum Ajal Menjemput

Tetapi sangat sulit menjadi sederhana bagi anak muda Muslim. Berpakaian berlebihan, memamerkan lekuk tubuh, dan bersikap tidak dewasa menjadi bagian dari kehidupan anak muda muslim saat ini.

Seperti dilansir dari okezone.com orangtua harus mengajarkan anak tentang moralitas, berikut cara yang harus dilakukan orangtua pada anak untuk mengajarkan moralitas kepada remaja muslim.

Mulailah dari diri sendiri 



Dikatakan lagi dan lagi, bahwa orangtua adalah teladan pertama anak. Jadi, jika sebagai orangtua menikmati menonton tayangan televisi yang menampilkan tayangan 'telanjang' atau berbikini pria dan wanita, maka akan sulit untuk menyampaikan pentingnya seorang Muslim menjadi 'sederhana'. Tetapi, jika Anda sadar dan meminta Allah untuk membantu, maka lakukanlah perbaikan meskipun itu tantangan.

Jatuhkan standar ganda 



Ketika anak beranjak remaja dan mereka memiliki ketertarikan pada lawan jenis, maka hal itu wajar. Tetapi, tidak sepantasnya anak laki-laki menggoda perempuan lewat pesan teks. Maka tetapkan standar tinggi pada anak-anak untuk mencegah mereka dari zina. Mereka saling menjaga kesopanan sebagai muslim sebelum menikah.

Pantau konsumsi media mereka 


Mulai dari Televisi, video YouTube, Facebook, dan lain sebagainya adalah media yang diakses untuk memanfaatkan informasi besar, tetapi bila tak terkontrol maka bisa mendatangkan hal negatif. Jika menonton televisi duduklah bersama anak dan pilih tontonan yang bermanfaat. Komentari jika muncul tayangan tak pantas, seperti pria dan wanita berpakaian hot. Katakan bahwa itu jangan dicontoh dan berbahaya.
loading...
Top