Merasa Kurang Nyaman Ketika Didalam Rumah? Mungkin Pemilihan Warna Untuk Ruanganmu Ini Dapat Merasa Lebih Bahagia

Sering merasa stres sekalipun tengah bersantai di ruang keluarga? Atau sulit tidur ketika malam hari? Jangan terburu-buru menyalahkan diri sendiri, bisa jadi kesalahannya hanya karena penggunaan warna yang keliru di rumah.



Banyak artikel yang menuliskan bahwa warna bisa memengaruhi keadaan emosi seseorang. Meskipun demikian tidak ada aturan baku bahwa ruangan tertentu sebaiknya menggunakan satu warna yang spesifik. Tergantung bagaimana Anda ingin membawa suasana ruangan tersebut menjadi seperti apa.

Nah, sekarang mungkin saat yang tepat untuk mulai mengecat ulang ruangan rumah Anda. Karena itu simak beberapa inspirasi dari rumah.com dalam mengaplikasikan warna cat rumah sehingga Anda bisa lebih bahagia saat berada di dalam rumah.

1. Area pintu masuk


jika Anda ingin memberikan kesan yang santai, gunakan warna netral seperti perpaduan antara abu-abu dan putih.

Jika ingin membuat suasana jadi meriah, berikan warna yang mengejutkan seperti dinding putih dengan motif polkadot berwarna jingga sehingga tamu yang datang langsung menjadi semangat.

Namun jika Anda ingin memberikan kesan yang santai, gunakan warna netral seperti perpaduan antara abu-abu dan putih.

2. Kamar tidur


Bila Anda menginginkan kesan dramatis, gunakan warna biru tua atau abu-abu tua.

Jika ingin Anda ingin lebih relaks: letakkan bunga segar di dalam vas dan taruh di samping tempat tidur. Selain membuat suasana jadi relaks, bunga dapat memberikan kesan romantis.

Dan bila Anda menginginkan kesan dramatis, gunakan warna biru tua atau abu-abu tua.

3. Ruang keluarga


Jika menginginkan suasana yang lebih bergairah pilih warna-warna yang memberikan kesan ceria seperti warna merah muda atau jingga.

Jika ingin menciptakan ketenangan, gunakan warna cat yang dapat menenangkan seperti warna biru. Sebaliknya, jika menginginkan suasana yang lebih bergairah pilih warna-warna yang memberikan kesan ceria seperti warna merah muda atau jingga.

4. Dapur


Warna merah dapat memberi energi bagi area dapur sehingga siapapun yang di dalamnya akan menjadi lebih semangat.

Jika ingin menambah semangat saat memasak, warna merah dapat memberi energi bagi area dapur sehingga siapapun yang di dalamnya akan menjadi lebih semangat ketika melakukan aktivitas seperti memasak atau membuat kue.

Jika ingin mencari ketenangan, pilih warna seperti biru atau hijau mint.

5. Ruang makan


Jika ingin terlihat lebih elegan, Anda bisa pilih warna yang sedikit berat seperti warna merah plum atau merah muda.

Jika Anda ingin lebih sering tersenyum, cat ruangan dengan warna kuning cerah. Namun jika ingin terlihat lebih elegan, Anda bisa pilih warna yang sedikit berat seperti warna merah plum atau merah muda.

6. Kamar Mandi


Jika ingin merasa lebih nyaman, cat kamar mandi dengan warna-warna hangat seperti jingga, kuning, dan hijau.

Gunakan warna netral seperti abu-abu muda jika ingin merasa lebih tenang. Warna ini biasa digunakan di tempat spa atau salon karena dianggap dapat membuat pelanggannya menjadi lebih rileks.

Jika ingin merasa lebih nyaman, cat kamar mandi dengan warna-warna hangat seperti jingga, kuning, dan hijau.

7. Ruang Kerja


Ingin memberikan suasana ceria? Gunakan warna yang cerah seperti warna kuning.

Jika ingin mencari inspirasi pada ruang bekerja yang jelas-jelas butuh banyak kreativitas dan juga fokus, cat dinding ruangan kerja Anda dengan warna yang kuat seperti hijau.

Jika ingin memberikan suasana ceria, gunakan warna yang cerah seperti warna kuning.

8. Perpustakaan


Jika ingin bisa lebih fokus, gunakan warna putih untuk menghilangkan semua gangguan.

Jika ingin membuat ruangan yang imajinatif, pilih warna hijau sedikit kebiruan (warna teal). Beberapa ahili mengatakan warna ini selain sedap untuk dipandang juga dapat memberikan pemikiran-pemikiran yang imajinatif.

Jika ingin bisa lebih fokus, gunakan warna putih untuk menghilangkan semua gangguan.
loading...
Top