Memaafkanmu Memang Mudah, Tapi Melupakan Kesalahan-kesalahanmu??

Manusia tak luput dari kesalahan, bahkan nabi pun juga pernah melakukannya. Meminta maaf dan memaafkan memang sudah hal biasa dan menjadi kodrat manusia. Tapi nyatanya, hal tersebut cukup sulit dan rumit dari apa yang kita bayangkan.



BACA JUGA: Bukan Lelaki Romantis Jika Tidak Rela Berkorban Lebih Letih Daripada Istrinya

Tak mudah memaafkan seseorang yang telah menyakiti hati dan perasaanmu. Sulit, bahkan sangat sulit apalagi dari orang yang begitu dipercaya telah menghianati kita. Meski begitu, memaafkan dengan melupakan kesalahan seseorang jauh berbeda. Seperti yang telah dikutip dari vemale.

Cukup mudah untuk memaafkan, tapi bagaimana dengan lukanya?


Mudah kok memaafkan. Bahkan memintanya untuk minta maaf terlebih dahulu pun sebenarnya bukan hal yang begitu rumit. Hanya saja segalanya akan terasa berbeda. Ada luka yang ditorehkan. Ada lubang dalam hati yang kemudian meninggalkan keresahan. Banyak hal yang terasa berbeda. Dia yang kamu kenal bukan lagi orang yang sama. Dia telah melukaimu, sulit untuk bersikap seperti dulu lagi padanya.

Memaafkan dan melupakan, bukanlah hal yang sama


Memberi maaf bisa dilakukan dalam detik yang sama. Tapi butuh waktu lama hingga bertahun-tahun untuk melupakan kesalahan yang pernah ia perbuat. Sekalipun kamu sudah memaafkannya, memandangnya akan memberi rasa yang berbeda. Setiap kali kamu berusaha untuk melupakan kesalahan yang ia perbuat, semakin kuat ingatan akan luka yang pernah ia berikan padamu. Menghabiskan waktu bersamanya menjadi hal yang terasa begitu menyiksa.

Meski sulit, memaafkan kesalahan yang lalu bisa jadi langkah baru


Setelah memaafkan, bukan jaminan kita akan lupa begitu saja dengan kesalahan yang ia perbuat. Luka yang sudah kamu rasa meskipun sudah hilang, bekasnya kadang masih bisa terlihat. Ada yang berubah dalam hubungan dan caramu berkomunikasi dengannya. Tapi selalu ada cara untuk membuka lembaran yang baru.

Hidup akan terasa jauh lebih indah jika kita saling memaafkan dan hubungan akan jauh lebih erat apoabila kita tidak mengulangi kesalahan yang sama.
Top