Mau Makan Durian Gratis Sepuasnya? Disini Tempatnya!


Ilsutrasi pesta durian

Buah ini lain daripada yang lain, rasanya yang begitu manis legit hingga banyak orang yang menyukainya. Selain manisnya durian juga mempunyai bau yang harum bagi pecinta durian. Nah, bagi anda yang suka makan durian. Ada kabar baik nih, petani di Riau akan menggelar pesta makan durian sepuasnya di Pekanbaru.

Peserta akan ditantang seberapa mampu untuk menghabiskan durian. Pesta durian yang baru digelar pertama kali itu akan bertempat di Gelanggang Olahraga, Jl Sudirman, Pekanbaru, Minggu (18/12) mendatang.


Hmmmmm....

Acara ini digagas oleh Kelompok Tani Riau Lestari. Buah durian yang akan disajikan tentu berkualitas.

Tapi tentu tidak gratis, namun begitu panitia hanya meminta dana partisipasi acara dengan sistem tawaran paket. Kategori umum disediakan satu paket untuk lima orang dengan harga Rp 150 ribu. Disediakan 8 durian untuk satu paket.

"Dana itu hanya untuk dana pengganti pelaksanaan acara saja sambil dana transpor untuk mengangkut durian dari desa," kata Ketua Panitia Purnomo lansir detikcom, Kamis (15/12/2016).

Jangan khawatir, jika merasa kurang puas dengan durian yang disediakan, maka Anda diperbolehkan meminta kembali durian sepuasnya.

Baca Juga: Awas! Keseringan Minum Parasetamol Bisa Jadi Tuli

"Kalau ternyata 8 durian yang kami sediakan itu dirasakan kurang, kami akan menyediakan lagi dengan gratis, dan sepuasnya sampai mampu mau menghabiskan berapa saja," ujar Purnomo.

Tapi Purnomo yakin, dengan sajian 8 buah durian berkualitas untuk lima orang, kemungkinan peserta sudah merasa cukup. Sebab, durian yang disajikan panitia merupakan durian yang dijamin keenakannya dan ukurannya lumayan besar.

Durian yang disajikan, ada Durian Jantung dan Durian Tapa. Durian Tapa jenisnya memang sedikit langka. Tapi Durian Tapa ini bisa memiliki diameter mencapai 50 cm.

"Untuk durian jenis tapa memang jumlahnya sangat terbatas. Tapi durian tapa merupakan andalan petani," kata Purnomo.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka 'Deklarasi Haluan Anggota Kelompok Tani Riau Lestari' dan rencananya akan dihadiri Gubernur Riau, Arsyadjulian Rachman dan unsur Muspida. Pesta durian ini menjunjung tema 'Bersama Petani Kita Wujudkan Swasembada Pangan Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Riau'.

Purnomo menyebutkan, bahwa buah durian yang akan menjadi ajang pesta ini berasal dari desa Pemandang Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Di Desa Pamandang ini, ada ribuan batang pohon durian yang saat akhir tahun 2016 ini lagi puncak musim panen. Untuk acara pesta durian itu, pihak panitia akan menyediakan sekitar 4.000 durian.

"Untuk mendapat 4.000 durian, kami hanya kumpulkan 2 hari saja, dan masyarakat desa sudah sepakat. Inilah bentuk kearifan lokal kami. Dan jangan salah, di desa itu kalaupun ada warga yang tak punya pohon durian, dia boleh menikmati durian dari tetangganya, dan gratis. Kearifan lokal inilah yang mesti kita lestarikan," tutur Purnomo.
Top