Manfaat Berdoa Untuk Menumbuhkan Hormon Kegembiraan "Dopamine"

Komentar

Manfaat berdoa ternyata bukan hanya semata supaya keinginan dan hajat yang diminta kepada Tuhan dikabulkan. Lebih dari itu, berdoa punya manfaat meningkatkan hormon gembira yang bernama dopamine.

Berdoa adalah aktivitas yang menghubungkan manusia dengan Tuhannya. Koneksi antara hamba dengan Tuan yang maha Agung sebagai pencipta alam semesta ini ternyata menurut penelitian ilmiah dapat meningkatkan kadar dopamine pada otak manusia.

Dengan meningkatnya hormon gembira itu, maka Anda menjadi lebih damai dan bahagia. Ditinjau dari ilmu kesehatan, gembira dan rasa damai bisa membuat tubuh menjadi sehat bugar.

BACA JUGA : 7 Amalan Doa & Dzikir Harian Pembuka Pintu Rezeki dari Segala Penjuru

Sebaliknya, sedih dan stres akan menimbulkan beragam penyakit yang datang. Itulah sebabnya, agama Islam maupun agama lainnya seperti Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu atau agama manapun mengajarkan kita untuk selalu berdoa.

Dengan berdoa, kebahagiaan dan rasa damai akan muncul dalam diri manusia. Dengan bahagia, manusia akan semakin sehat. Kita tahu, kesehatan sangat mahal harganya. Puluhan, bahkan ratusan juta rupiah ditempuh demi kesehatan bisa pulih kembali.

Jadi, kita semakin tahu bahwa berdoa yang menjadi anjuran semua agama ternyata punya manfaat dan khasiat yang luar biasa bila ditinjau dari ilmu pengetahuan atau sains. Benar-benar ilmiah dan rasional. Subhanallah

Belum lagi, ketika manusia berdoa kepada Tuhan dan doa itu disimpan dalam memori bernama "cita-cita" yang melekat dalam hati dan pikiran manusia, maka alam semesta akan berupaya mewujudkan cita-cita itu.

sumber : islamcendekia
Top