Keunikan Legung Timur Madura, Desa Pesisir dengan Warga yang Tidur di Atas Pasir!


Bagi masyarakat pesisir desa Legung Timur, Legung Barat dan Dapenda, Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep  Madura, kenikmatan tidur justru mereka rasakan ketika  berbaring di hamparan pasir. Mengapa?. Untuk menjawab pertanyaan ini harus dipandang dari beberapa sudut. Tapi yang pasti, kegiatan tidur di pasir bagi mereka merupakan kebiasaan turun temurun dari nenek moyang mereka. Dan mereka menimatinya.

Baca juga : Kenali Fasilitas yang Bisa Bikin Kamu Hemat Saat Travelling, Salah Satunya Penghilang Dahaga di Jogja!

Bagi penduduk desa setempat, ini adalah satu kebiasaan turun-temurun yang masih dilestarikan. Ketika berada di ketiga desa, yakni Desa Legung Timur, Legung Barat, dan Dapenda, di sepanjang jalan kamu akan dengan mudah menemukan hamparan pasir. Yang akan bikin kamu lebih heran, jika memasuki rumah mereka, akan ada pemandangan kamar dengan kasur beralaskan pasir yang digunakan untuk tidur.

Dikutip dari berbagai sumber, tidur di atas pasir pada malam hari membuat suasanya lebih hangat. Sementara saat cuaca terik di siang hari, pasir membuat hawa lebih sejuk. Menurut kabar yang beredar, warga setempat percaya, tidur di atas pasir dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Mereka memanfaatkan pasir yang berada di sekitar Pantai Lombang. Pasir ini memilki kristal pasir yang sangat halus, bersih mengkilap, dan memiliki warna putih gading. Serta sebelum digunakan untuk tidur, pasir tersebut diayak terlebih dahulu sehingga tak akan ada batu atau kerikil yang akan menyakiti kulit.


Baca juga : Dunia Punya Cerita - Inilah Hal Aneh yang Ada Di Toilet Negara Jepang, Asli Bikin Menganga!

Jika kamu berniat mengunjungi kampung pasir ini, kamu bisa berkendara dari pusat Pantai Lombang selama 45 menit. Warga setempat akan sangat terbuka dan ramah pada wisatawan. Bila ada tamu yang ingin tahu soal kasur pasir, tanpa segan-segan mereka akan mengajak kamu merasakan nikmatnya tidur di atas pasir. Gimana, kamu tertarik berkunjung ke sini?
loading...
Top